caption trialgame

pakai motor baru? langsung geber lalu service?

Tuesday, 25 October 2022

Pentingnya Servis Pertama Motor


Peredaran motor trail di Indonesia sudah semakin marak, bahkan kini Anda memiliki banyak pilihan ketika ingin membeli motor trail terbaru. Dari yang kelas entry level, hingga yang siap trabasan di medan offroad kompetisi. Tapi tidak sedikit lho, yang baru membeli motor trail namun melalaikan service pertama.

Beberapa pabrikan mewajibkan servis motor pada 4.000-6.000 km sekali, atau 4-6 bulan tergantung yang dicapai lebih dulu. Namun semua merek mewajibkan motor yang baru dibeli, harus diservis setelah menempuh 1.000 km pertama, atau sebulan awal motor digunakan. Perihal ini sudah tertera pada buku servis yang diberikan saat serah terima motor, sehingga harus jadi perhatian para pemiliknya.Sayangnya ketentuan ini kerap disepelekan. Sehingga servis pertama ini malah dilewatkan oleh pemilik motor. Padahal ada banyak benefit dari servis motor 1.000 km pertama.

Motor baru justru membutuhkan perawatan rutin agar performanya tetap terjaga. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan adalah servis pertama, servis pertama sangat penting, karena ada beberapa manfaat yang bisa didapat.  Pertama, untuk memastikan kondisi kendaraan sesuai standar. Kedua, memastikan sepeda motor bekerja dan berfungsi optimal setelah digunakan pelanggan dalam kurun waktu satu sampai dua bulan dari penyerahan.

Yang ketiga adalah memastikan sepeda motor baru milik pelanggan berada dalam kondisi prima. Hal ini dipastikan dengan pemeriksaan pada beberapa komponen, baik elektrik maupun komponen mekanis. Keempat, memastikan garansi sepeda motor agar tetap berlaku. Kelima, membersihkan atau memastikan komponen-komponen di dalam mesin bersih dari segala kotoran yang mungkin muncul akibat dari keausan pada komponen-komponen mesin, dari mulai dioperasikan sampai di 1.000 km. Makanya, pada service pertama, konsumen mendapatkan layanan penggantian oli gratis.

Servis pertama juga dilakukan untuk mengetahui sejak dini apabila terdapat gejala abnormal, baik itu dari sisi sasis, kelistrikan, dan mesin. Sehingga, dapat dilakukan antisipasi dan tindakan yang cepat agar kondisi motor tetap prima. Dan biasanya, servis pertama itu bebas biaya lho, jadi jangan malas lakukan servis pertama pada motor trail baru Anda.

comments

`