caption trialgame

Pake Oli Mesin Lama Aman Gak Ya?

Thursday, 15 July 2021

Pake Oli Mesin Lama Aman Gak Ya?


Salah satu fungsi oli mesin adalah sebagai pelumas. Namun siapa sangka fungsi ini juga memberikan dampak lain yang bermanfaat untuk kondisi mesin. Salah satunya adalah menghindarkan komponen mesin dari korosi.

Setiap bagian pada mesin yang menyatu dalam membentuk mesin tidak terjamin untuk terhindar dari paparan polusi. Hal ini karena partikel debu, kotoran, maupun air sifatnya mudah memasuki celah kecil yang terdapat dalam mesin. Inilah yang menyebabkan mesin rentan terkena karat. Karat yang timbul bisa disebabkan karena percampuran polusi dan air yang menempel pada mesin.

Dalam hal ini, oli berfungsi untuk memberikan lapisan yang menyeluruh pada tiap komponennya. Lapisan yang terbentuk dari oli akan melindungi setiap komponen dari partikel polusi yang membahayakan.

Oli akan menangkap semua partikel debu yang mungkin masuk dalam mesin untuk dihilangkan dari tiap komponennya. Itulah mengapa semakin lama oli dipakai, warnanya akan berubah menjadi semakin gelap. Warna tersebut menandakan bahwa oli telah berhasil mengangkat kotoran dalam mesin.

Nah kadang, saat mengganti oli ada sisa oli yang tidak terpakai. Oli ini kemudian digunakan untuk menambah jika oli mesin mengalami pengurangan, akibat pemakaian atau setelah digunakan trabasan. Pertanyaannya adalah apakah aman memakai oli yang tersimpan lama  ?

Menggunakan oli yang lama tersimpan sebenarnya sah-sah aja. Apalagi oli tersebut masih terhitung baru. Namun Anda harus pastikan terlebih dahulu apakah cara penyimpannya sudah benar atau tidak. Sebab jika salah penyimpanan membut oli tidak bisa terpakai lagi. Contohnya adalah dibiarkan ditempt terbuka yang mudah terkena udara dan kotoran, serta terpapar sinar matahari langsung.

Biasanya zat aditif dengan base (bahan dasar) olinya sudah terpisah, jika oli disimpan dalam waktu lama. Untuk menyatukan antara zat aditif dengan base atau bahan dasar oli, ternyata mudah. Sebelum dituang ke dalam motor, botol dikocok terlebih dahulu ya. Nah jadi jangan asal tuang saja ya, ingat untuk mengocoknya agar menyatukan kembali zat aditif oli dengan bahan dasarnya.

 

 

comments

`