caption trialgame

Pandemi Bikin Stop Produksi

Thursday, 2 April 2020

 

Belum lama ini, Pirer Mobility AG (KTM Group) yang membawahi tiga brand motor yaitu KTM, Husqvarna, dan GasGas secara resmi mengumumkan bahwa mereka bakal menghentikan produksi motor untuk sementara waktu, mulai 30 Maret sampai dengan 10 April 2020. Hal ini karena pengaruh meluasnya wabah virus Corona atau yang dikenal dengan istilah ilmiahnnya Covid-19.

Yamaha sudah menghentikan produksi motor pada dua pabriknya yang ada di Eropa, persisnya ada di Italia dan Perancis. Dua pabrik yang ditutup adalah pabrik mesin Motori Minarelli di Calderara di Reno, Italia serta pabrik perakitan di Saint-Quentin, Perancis. Keduanya bahkan telah ditutup sejak 16 Maret sampai dengan 22 Maret 2020, dan kini telah mengalami perpanjangan penutupan. Kendati pabrik ditutup dan karyawan tidak bekerja, tapi Yamaha berkomitmen membayar penuh gaji karyawan mereka sampai dengan mereka bekerja kembali pada situasi yang normal.

CEO Yamaha Motor Europe Eric de Seynes mengatakan bahwa kesehatan karyawan dan tanggung jawab sosial,merupakan prioritas yang paling tinggi saat ini. Sehingga mereka memutuskan menghentikan sementara produksi pada dua pabrik tersebut dalam menghadapi pandemik Corona.

Kendati baru Yamaha Eropa saja yang resmi memberhentikan produksi pabriknya, menarik untuk ditunggu langkah Yamaha selanjutnya. Mengingat wabah Corona baru saja merebak di Indonesia dan Amerika.

Untuk sementara waktu memang pemerintah Indonesia belum menginstruksikan adanya pengehentian kegiatan produksi pabrik, namun pemerintah Amerika belum lama ini mengumumkan tengah mempertimbangkan untuk menghentikan segala jenis kegiatan produksi pabrik.Bahkan di Amerika, beberapa jalur distribusi motor-motor Yamaha sudah mengalami penundaan.

Untuk Indonesia, jalur distribusi hingga saat ini memang belum terganggu, jadi kendati nantinya pabrik menghentikan produksi, rasanya perederan sepeda motor di Indonesia masih tetap terjaga. Semoga saja wabah ini segera cepat berakhir ya.

comments

`