caption trialgame

Pastikan Suspensi Dalam Kondisi Prima Saat Mudik!

Tuesday, 26 April 2022

Pastikan Suspensi Dalam Kondisi Prima Saat Mudik!


Jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh atau mudik, tentu kondisi motor trail Anda harus dalam keadaan prima. Beragam komponennya harus berfungsi dengan semestinya. Dan salah saatu kompenen yang memiliki peran krusial adalah suspensi atau shockbreaker. Fungsi utamanya adalah meredam atau menyerap berbagai getaran yang dihasilkan dari permukaan jalan. Tentu saja peranti ini berkaitan dengan kenyamanan saat berkendara.

Jika suspensi mengalami kerusakan ada beberapa efek yang bakal dirasakan pengendara. Misalnya handling motor yang jadi tidak enak, akselerasi berkurang, atau paling fatal bisa membahayakan keselamatan. Umumnya pemilik motor sering kali mengabaikan kondisi suspensi karena dinilai sebagai komponen yang jarang rusak. Padahal suspensi wajib dilakukan perawatan secara rutin.

Mengingat pentingnya peran suspensi pada sepeda motor, ada beberapa tips jitu soal perawatan suspensi agar komponen ini awet dan bisa mendukung aktivitas harian Anda. Nah buat Anda yang kebetulan liburan lebaran nanti tidak kemana-mana, tips ini bisa diterapkan langsung ya.

Yang pertama adalah menjaga kerbersihan suspensi. Kkotoran yang menempel di area kerja suspensi jika tidak dibersihkan akan membuat lecet inner tube atau batang suspensi. Hal ini akan menyebabkan suspensi mengalami kebocoran dan menurunkan kualitas kerja suspensi. Mencuci cuci motor secara berkala dan membersihkan area suspensi dengan teliti menjadi hal yang mutlak. Jika kehujanan segera bilas atau cuci motor dengan air bersih, pastikan juga area suspensi aman. Sifat korosi air hujan bisa merusak suspensi secara perlahan-lahan.

Oh iya hindari memasang aksesori pada suspensi atau yang biasa disebut sebagai anting. Pemasangan aksesori itu justru membuat bagian belakang motor tampak meninggi. Anting ini justru membuat suspensi tidak bisa bekerja maksimal. Bahkan dalam beberapa kasus penambahan aksesori dan modifikasi suspensi ini menjadikan suspensi tidak berfungsi sama sekali bahkan suspensi bisa patah.

Jangan lupa untuk mengganti pelumas atau oli dalam suspensi motor secara berkala. Penggantian oli suspensi bagian depan biasanya dilakukan setiap 15.000-20.000 kilometer atau 1,5 sampai 2 tahun pemakaian motor (mana tercapai terlebih dahulu). Namun jika beban bawaan selalu berat atau Anda harus melewati jalan tidak rata terlalu sering, maka gantilah oli suspensi Anda lebih cepat dibandingkan periode yang sudah ditentukan pabrikan.

Untuk pemakaian yang lebih awet, cara Anda mengendarai motor trail juga harus dikoreksi. Apalagi jika motor trail Anda hanya digunakan secara harian bukan untuk trabasan. Hindari jalan yang tidak rata atau berbatu bisa memberikan beban tambahan bagi suspensi. Terlalu sering melewati jalan seperti ini berpeluang mengurangi usia pakai suspensi. Berkendara dengan kecepatan tinggi di jalanan berbatu sangat berisiko, bisa membuat suspensi bocor karena goncangan tanpa jeda.

Motor trail Anda memiliki batas maksimal beban yang diizinkan sesuai dengan buku petunjuk pemilik. Jika terpaksa membawa beban berlebih, maka performa motor Anda tentu saja akan berkurang secara signifikan. Salah satu fungsi yang terganggu akibat bawaan beban yang terlalu berat adalah fungsi suspensi. Suspensi akan bekerja ekstra keras saat beban yang dibawa melebihi kapasitas maksimal. Nah jadi, jika membawa beban, jangan terlalu berat ya, kasihan motor trail Anda.

 

comments

`