caption trialgame

Pedoman Mengganti Footpeg Motor Trail

Tuesday, 5 November 2019

Setiap motor yang dijual di pasaran sudah pasti memiliki footpeg atau pijakan kaki. Perangkat ini adalah perlengkapangan standar yang harus dimiliki. Namun ada kalanya perangkat ini sudah tidak layak digunakan sehingga harus segera diganti. Ciri-ciri footpeg yang tidak layak digunakan adalah mudah tergelincir saat duduk di atas motor, atau kesulitan saat mengoper gigi dan mengerem.

Namun ada juga yang mengganti footpeg karena faktor lain misalnya besar pijakan kaki terlalu sempit, tidak memiliki gigitan lagi pada kaki, rusak terkena lumpur atau batu, dan ingin mengurangi bobot motor trail.

Footpeg aftermarket biasanya memiliki ukuran sedikit lebih besar dibandingkan dengan bawaan pabrik, ini harus menjadi bahan pertimbangan Anda ketika ingin mengganti footpeg. Oh iya saat ini ada ada dua jenis kembang pijakan foot peg yaitu permanen dan non permanen.

Kembang permanen berarti jika terjadi kerusakan kembali Anda harus mengganti secara keseluruhan, sedangkan kembang non permanen Anda bisa membeli kembangnya saja jika dirasa gigitannya sudah mulai tumpul. Salah satu keuntungan utama menggunakan pijakan jenis ini adalah Anda tidak perlu mengganti satu set jika bagian kembang pijakan sudah mulai licin dan tidak menggenggam telapak kaki Anda dengan sempurna.

Namun kelebihan kembang non permanen juga merupakan kelemahannya. Pijakan jenis ini bisa saja terlepas dari dudukannya saat motor anda mengalam kecelakaan sehingga pasti akan merugikan, apalagi jika terjun dalam sebuah kompetisi.

Footpeg juga memiliki beragam bahan dasar mulai dari baja, alumunium hingga titanium. Tetapi Foot step berbahan dasar titanium biasanya menjadi pilihan utama para penggila motor trail karena lebih tahan terhadap hantaman keras ketimbang pijakan berbahan baja atau alumunium.

Mengganti perangkat ini secara tidak diduga bisa meningkatkan performa Anda di atas motor trail. Memindahkan gigi menjadi lebih mudah, lebih leluasa dan lebih lugas. Performa rem pun biasanya ikut menanjak, kaki Anda seolah mendapatkan titik sensitif baru ketika menginjak rem. Modifikasi sederhana yang ternyata bisa memberikan dampak signifikan pada performa motor trail.

 

Image credit : dirthammers.com

comments

`