caption trialgame

Pengaruh Tinggi dan Lebar Handlebar Motor Trail

Wednesday, 6 November 2019

Sistem kemudi pada motor trail menggunakan handlebar atau stang untuk pengarah jalannya kendaraan, membelokan roda depan ke kiri dan ke kanan. Sistem kemudi ini digerakan dengan tangan, dan melalui handlebar, tenaga dari tangan diteruskan ke garpu atau front shock untuk mengarahkan motor trail.

Lingkaran perputaran dari suatu sepeda motor ditentukan oleh besar atau kecilnya sudut sewaktu setang kemudi di belokkan, dan juga di tentukan oleh besarnya atau kecilnya sudut kemiringan dari sepeda motornya diwaktu menikung. Nah selain penampilan,panjang pendeknya setang kemudi merupakan unsur lain yang harus diperhitungkan. Handlebar yang yang panjang akan ringan saat digerakkan, namun motor trail menjadi kurang lincah. Demikian pula sebaliknya, jika handlebar pendek mengendarai motor trail dengan lincah menjadi mudah tapi handling menjadi sedikit berat saat dikendalikan.

Lantas bagaimana memilih handlebar ideal? Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tinggi handlebar. Tinggi handlebar diukur dari mulai bawah tempat penjepit ke bodi motor hingga ujung tempat grip diletakan. Tinggi dari dari handlebar bisa disesuaikan dengan melonggarakan batang di ujung tempat penjepit bodi motor. Anda bisa mengatur handlebar menjadi lebih kebelakang atau kedepan.

Tingga badan amat berpengaruh dalam pemilihan handlebar. Jika Anda memiliki tubuh yang lebih tinggi tentu ingin agar posisi handlebar lebih tinggi bukan? Sehingga posisi tubuh Anda saat menunggangi trail tidak membungkuk dan menyulitkan anda untuk melakukan manuver.

Lebar sebuah handlebar diukur dari ujung kanan pegangan tangan ke ujung kiri pegangan tangan. Biasanya lebar dari ukuran handlebar ini berada dikisaran 80 cm. Ada beberapa pabrikan yang mengeluarkan mini handlebar yang memiliki perbedaan 6cm lebih kecil.

Handlebar motor trail biasanya memiliki sudut yang lebar dan panjang sehingga membuat pengendara meletakkan kedua tangannya di depan sejajar dada, memiliki. Handlebar yang biasa digunakan dimotor trail tidak nyaman untuk digunakan sehari-hari, apalagi jika hidup di kota besar yang sempit. Tapi ingat yang sebelum memutuskan untuk mengganti handlebar jangan lupa untuk memperhatikan jenis dan ukurannya, salah-salah handling motor trail malah menjadi tidak nyaman.

Image credit : dirtbikemagazine.com

comments

`