caption trialgame

Pentingnya Merawat Electric Starter

Thursday, 6 October 2022

Pentingnya Merawat Electric Starter


Motor trail jaman sekarang biasanya sudah dilengkapi tombol starter elektrik sebagai perlengkapan standarnya. Namun ada kalanya, saat tombol starter ditekan, mesin tidak menyala atau suara mesin berbunyi tapi mesin tidak hidup. Nah jika hal ini terjadi pasti bikin kesel, apalagi kalo kebetulan motor trailnya lagi digunakan di medan offroad.

Meski saat digunakan tidak membuat motor menyela, namun kondisi itu bukanlah berati tanda tombol starter elektrik di motor trali Anda rusak. Bisa jadi hal itu disebakan oleh ada beberapa komponen kabel yang terkelupas (putus) atau malah ada keruskan pada dynamo. Nah, dalam mengetahui tanda-tanda tombol starter elektrik rusak bisa gunakan dua cara ini.

Pertama adalah dengan menggunakan perkiraan atau insting. Di mana hal ini bisa dilakukan dengan memantau beberapa lampu indikator yang berada pada panel speedometer. Kalau stater dinyalakan kompenen itu tetap menyala, itu artinya aki baik-baik saja. Lalu cara kedua adalah dengan mengecek menggunakan alat. Maksudnya ditujukkan memeriksa bagaimana kelistrikannya berjalan normal atau tidak.

Langkah kedua yang perlu dilakukan dalam mengatasi permasalah ini adalah dengan mencari penyebab keruskan. Seperti halnya ada gula ada semut, tombol starter elektrik ngadat tentu ada penyebabnya. Seperti telah disinggung di awal tadi, pada umumnya yang menjadi biang keladinya adalah terkait kotoran dan aki.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga disebakan dinamo yang memiliki tugas menghubungan stater dengan mesin. Jika Anda sudah menumukan biang kerok tetang masalah ini, tentu akan sangat mudah untuk melakukan perbaikan. Tidak kebayang bukan, kalau tiba-tiba diperbaiki, selain bakal membuat keluar banyak tenaga, juga bisa menambah kerusakan.

Setelah melakukan langkah tadi dan bisa memastikan jika tombol starter elektrik benar-benar rusak, Anda bisa melakukan beberapa langkah ini. Pertama adalah dengan melepaskan beberapa kabel penghubung antara kabel elektrik starter yang menuju ke switch starter. Saat melakukannya gunakan solder agar tidak megalami kerusakan saat lakukan prosesnya. Kalau langkah tersebut sudah dilewati dengan baik, bongkar bagian komponen tersebut.

Setelah terbuka, lakukan pengamplasan pada setiap ujung kutub dari switch starter tersebut. Manfaat dilakukan hal ini adalah sebagai upaya membersihkan kotoran yang ada tempat tersebut. Selain bagian tadi, Anda juga bisa merenggangkan pegas yang ada di switch starter. Tujuannya adalah agar performa staternya bisa lebih baik lagi. Terakhir adalah menutup kembali bagain dilepaskan dengan menggunakan solder agar bisa terpasang dan merekat dengan kuat.

Begitulah tadi beberapa langkah bisa Anda gunakan, untuk memperbaiki komponen kendaraan satu ini agar berjalan sesuai fungsinya. Salah satu hal yang perlu dicatat adalah, jangan sampai membiarkan , tombol starter elektrik rusak baru diperbaiki. Lebih baik, bila rutin melakukan perawatan. Selain hemat biaya, juga tidak harus susah-suah membongkarnya.

comments

`