caption trialgame

Pentingnya Nilai Keamanan Sebuah Jaket Dalam Bermotor!

Wednesday, 20 January 2021

Pentingnya Nilai Keamanan Sebuah Jaket Dalam Bermotor!


Mengendarai motor trail memang  tidak memerlukan jaket, apalagi jika mengendarainya di medan offroad. Hal ini karena jaket memang sedikit menghambat mobilitas para pengendaranya apalagi jika sedang berlomba.

Tapi bukan berarti jaket tidak penting ya, untuk Anda yang gemar mengendarai motor trail untuk kegiatan touring atau kegiatan sehari-hari, jaket mutlak diperlukan. Selain untuk menahan angin dan panas, jaket melindungi tubuh bagian atas jika terjadi kecelakaan.

Saat ini, jaket motor memiliki beragam macam jenis, merk dan harga, tapi mana sih yang paling bagus untuk melindungi pengendarannya. MotoCAP (Motorcycle Clothing Assesment Program) belum lama ini melakukan pengujian ke beragam jenis jaket motor yang beredar. MotoCap snediri merupakan lembaga yang didirikan oleh Deakin University di Melbourne, Australia.  Dan bertujuan menguji berbagai merek apparel dari berbagai produsen kenamaan dunia.

Lembaga ini menguji apparel secara komprehensif dengan berbagai cara. Mereka menguji ketahanan bahan apparel dari gesekan, benturan hingga kemampuan menahan masuknya air ke dalam. Mereka bahkan menguji kekuatan benang jahitan, protektor hingga kenyamanan saat digunakan. Seperti disebutkan di atas, mereka juga menguji apakah jaket yang diuji sanggup menahan derasnya air hujan.

Hasil terbaru dari MotoCAP untuk pengujian jaket berbahan tekstil cukup mengejutkan. Merek-merek terkenal seperti RST, REV’IT, Ducati, Rjays, Harley-Davidson, Dririder, Dainese, Ixon, Alpinestars dan Merlin ikut melalui berbagai proses seperti disebutkan di atas.

Uniknya  beberapa merek termuka yang juga digunakan beberapa pembalap di MotoGP seperti Dainese, Alpinestars dan REV’IT tidak mendapatkan rating  lima bintang atau mendapat nilai sempurna. Bahkan Dainese hanya mengumpulkan tiga bintang soal keamanan. Alpinestars meraih empat bintang sama seperti Ixon. Brand lain juga rata-rata mengumpulkan tiga bintang, namun hanya ada satu brand yang bisa mendapatkan lima bintang alias dicap sangat aman yakni Rjays.

Seperti disampaikan di awal, pengujian tidak hanya fokus pada keamanan namun juga kenyamanan. Rata-rata brand jaket terkenal hanya mendapatkan satu hingga dua bintang dalam hal kenyamanan ketika berkendara. Bahkan ada merek yang hanya mendapatkan setengah bintang untuk memberikan kenyamanan penggunanya. Waduh ternyata merk terkenal dan mahal belum tentu memberikan jaminan keselataman ya.

comments

`