caption trialgame

Peran Fitur ABS di Lintasan Offroad

Tuesday, 29 September 2020

Peran Fitur ABS di Lintasan Offroad


Akhir-akhir ini semakin banyak pabrikan motor di tanah air yang mengeluarkan motor-motor adventure bermesin besa dengan beragam fitur canggih. Salah satunya adalah fitur fungsi rem ABS. fitur ini mencegah roda terkunci saat terjadi panic brake. Efeknya roda tidak tergelincir dan tetap mendapat traksi ke permukaan jalan, sehingga motor dapat terkendali.

Rem ABS akan mulai bekerja saat pengendara menggunakan rem secara tiba-tiba atau saat keadaan darurat. Meski sedang panik dan kendaraan rentan tergelincir, rem ABS efektif membuat motor lebih stabil, serta dapat mengurangi jarak pengereman hingga 10 persen meski pada permukaan basah.

Rem ABS membutuhkan komponen lebih banyak ketimbang rem biasa. Mulai dari sensor kecepatan yang terdapat di roda depan maupun belakang, kemudian ABS Module, brake control unit, juga katup dan pompa. Semua perangkat ini akan saling bekerja dalam hitungan satu per sekian detik untuk mengatur tekanan kekuatan rem. Sementara rem ABS bekerja, pengendara hanya merasakan efek bergetar pada tuas rem ataupun setang.

Nah saat melintasi medan offroad, sebaiknya fitur ABS ini dimatikan karena tidak terlalu dibutuhkan. Saat off road trek yang dilalui jarang sekali yang panjang, jadi fungsi ABS tidak terlalu dibutuhkan. ABS akan lebih baik digunakan jika mengerem dalam situasi jalan aspal agar tidak mengunci saat pengereman.

Fungsi rem ABS yang mencegah roda terkunci justru jadi mubazir jika diajak ''garuk tanah.'' Sebab, ABS justru menghalangi daya cengkeram roda untuk mencengkeram permukaan. Pada lintasan off road, jalan yang dilalui tidak rata dan dengan melakukan pengereman tanpa ABS sudah cukup. Rem ABS malah bisa menjadi penghalang bagi motor trail agar mudah dikontrol dengan tepat di jalur tanah.

Nah untungnya hampir sebagian besar motor adventure yang beredar saat ini sudah memiliki fitur ABS yang bisa dimatikan jika dirasa tidak diperlukan. Malah pada beberapa motor seperti Honda CRF1100L Africa Twin dilengkapi dengan sistem ABS dual-channel. Sistem ABS menawarkan dua pengaturan, yaitu on road dan off road. Untuk off road, fitur ABS pada roda belakang dapat dimatikan sepenuhnya. Tapi tetap saja, lebih baik jika tidak menggunakan ABS ya.

 

comments

`