caption trialgame

Peran Fork Brace pada Supermoto

Sunday, 22 December 2019

Pagelaran Trial Game Asphalt memang sudah selesai sejak seri ke-5 di Boyolali berakhir pada 14 Desember lalu. Pebalap lokal Farudila Adam berhasil keluar menjadi juara di kelas FFA 250, sementara pebalap asing Germain Vicenot, tampil mendominasi kelas International FFA 450.

Nah lomba Trial Game Asphalt memerlukan ketepatan serta skill saat melahap tikungan, maklum saja cornering menjadi salah satu handicap yang paling sering memakan korban saat lomba ini digelar. Tidak sedikit pebalapa yang terjatuh atau berbenturan dengan pebalap lainnya saat akan mengambil tikungan.

Tahukah Anda bahwa selain skill pebalap, ternyata ada cara lain lho agar supermoto Anda lebih mudah diajak nikung, yaitu dengan memasang fork brace atau stabilizer shockbreaker pada bagian depan supermoto Anda.

Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk menstabilkan gerakan shockbreaker depan sehingga efeknya yaitu menghasilkan gerakan shockbreaker depan kanan dan kiri menjadi seirama. Saat motor melakukan pengereman, shockbreaker yang lebih besar mengalami tekanan adalah shockbreaker yang terdapat piringan atau cakram. Dengan adanya stabilizer shockbreaker depan ini, tumpuan shockbreaker kanan dan kiri saat motor melakukan pengereman jadi seimbang.

Dan jika shockbreaker depan seimbang menekan, traksi ban terhadap aspal juga akan lebih baik. Saat pasang stabilizer so shockbreaker motor juga akan lebih stabil saat diajak bermanuver. Terutama saat motor diajak manuver seperti cornering, gerak shockbreaker kanan dan kiri jadi seirama.

Komponen ini dipasang di tabung shockbreaker depan, fungsinya agar gerakan tabung kanan dan kiri selalu seirama. Efeknya tentu untuk stabilitas.Ketika suspensi bergerak naik-turun as shockbreaker cenderung sedikit melekung yang mengakibatkan ban depan miring kanan-kiri atau floting. Memang tidak terlihat tapi terasa saat melakukan hard braking atau menikung dalam kondisi kencang.

Untuk jenis fork brace atau stabilizer shockbreaker memang beragam, namun yang membedakan biasanya hanya tampilan dan bahan dasarnya saja, sehingga harganya pun bervariasi. Tapi secara fungsi semua memiliki fungsi yang sama, seperti yang sudah diuraikan diatas. Nah jadi, tertarik kah untuk memasang komponen ini di supermoto Anda?

comments

`