caption trialgame

Perawatan Baterai Motor Listrik Agar Tidak Mudah Soak

Thursday, 6 October 2022

Perawatan Baterai Motor Listrik Agar Tidak Mudah Soak


Peredaran motor listrik di Indonesia memang terhitung masih minim, apalagi spesifik motor trail listrik. Namun bukan berarti tidak ada yang menggunakan bukan? Menurut beberapa pengamat, dalam kurun waktu 5 tahun ke depan pertumbuhan kendaraan listrik bakal pesat, hingga bukan tidak mungkin pada saatnya nanti akan bersaing secara head to head dengan motor konvesional.

Salah satu daya tarik penggunaan kendaraan listrik adalah tidak perlu mengisi bahan bakar, karena kendaraan jenis ini hanya menggunakan baterai untuk menggerakan mesinnya. Tidak heran jika banyak yang mengatakan bahwa nyawa dari kendaraan listrik itu adalah baterainya.

Tapi tahukah Anda bahwa ada kebiasaan sepele lho yang bisa menyebabkan baterai motor listrik cepat soak dan tidak berfungsi optimal. Dan rasanya kebiasaan ini sering dilakukan oleh Anda tanpa disadari. Ternyata penyebab baterai motor listrik cepat soak ini berkaitan dengan kebiasaan saat charge atau mengisi ulang daya. "Terlalu sering charge pada kondisi baterai benar-benar kosong bisa membuat baterai motor listrik cepat soak. Nah hal ini sama seperti baterai pada smartphone atau gadget yang Anda gunakan sehari hari kan ?

Jika memakai baterai motor listrik sampai habis atau benar-benar kosong, ternyata bisa memperpendek usia baterai motor listrik. Efeknya kalau terlalu sering pakai baterai sampai habis membuat baterai motor listrik jadi drop. .Kemudian untuk mencegah baterai motor listrik soak atau lemah,  lakukan charger ulang secara dengan benar. Usahakan saat charge jangan menunggu baterai sampai habis banget baru dicharge.  Minimal ketika baterai masih sisa 20 %, Anda bisa lakukan pengisian listrik ulang pada baterai motor listrik.

nah jika motor trail listrik Anda jarang digunakan ternyata tetap harus melakukan pengisian daya ulang lho, minimal satu minggu sekali motor tersebut harus dicharge, agar performa baterai tetap terjaga ya. Nah semoga informasi di atas bermanfaat, jika suatu saat nanti Anda memiliki motor trail listrik yang siap digeber di mana saja.

comments

`