caption trialgame

Perawatan Supermotor Lebih Hemat Lho

Sunday, 11 August 2019

   Secara fungsi, motor trail enduro atau spesial engine tentu berbeda dengan supermoto, namun apakah hal ini juga berlaku pada perawatan masing-masing motor? Yang jelas motor trail enduro tentu lebih sering berkubang dalam medan offroad, sementara itu supemoto lebih sering melahap lintasan aspal.

   Nah menurut pengalaman, biasanya motor trail enduro itu sedikit lebih boros dibandingkan supermoto. Pasalnya setiap sekali atau dua kali berpetualangm motor trail enduro harus langsung mengganti olinya. Bahkan pada motor special engine yang turun dalam lomba, setiap kali main harus langsung mengganti oli. Dan jika Anda gemar berpetualang melintasi lintasan basah, harus memperhatikan oli karena rentan tercampur dengan air. Dan tentu saja, setelah selesai berpetualang, Anda harus mengganti dengan oli baru agar mencegah terjadinya karat di dalam mesin.

   Motor trail enduro jelas lebih sering diunakan untuk melompat dan menembus medan berat seperti bebatuan, pasir bahkan air. Oleh karena harus rajin mengecek bagian kaki-kaki motor seperti, bearing dan pelek.

   Nah dari gambaran di atas tentu perawatan supermoto boleh dikatakan sedikit lebih murah dan mudah. Apalagi jika Anda hanya menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari tanpa pernah turun dalam sebuah lomba atau turing panjang. Paling-paling hanya perawatan standar motor pada umumnya yaitu penggantian oli setiap bulan, pengecekan rem dan lainnya.

   Nah lain cerita jika Anda menggunakan supermoto untuk terjun dalam sebuah lomba, misalnya Trial Game Asphalt, ada beberapa komponen yagng harus diperhatikan yaitu kampas kompling dan kampas rem, serta ban dan rantai. Maklum saja, balap supermoto memang lebih menitikberatkan pada kecepatan sehingga komponen tersebut harus lebih rajin dicek.

   Untuk penggunaan oli sendiri, supermoto memang tidak harus mengganti oli setiap kali akan turun dalam sebuah lomba. Asal masih dalam rentang waktu yang disarankan, oli masih dapat digunakan hingga akhirnya kadaluarsa nanti.

   Nah pada akhirnya memang biaya perawatan motor trail enduro sedikit lebih mahal karena pemakaian yang lebih ekstrim. Motor trail juga jarang melaju dengan kencang sehingga mesin lebih cepat panas karena tidak terpapar angin saat digunakan.

comments

`