caption trialgame

Perhatikan Hal Ini Saat Berburu Motor Trail Bekas

Thursday, 14 February 2019

     Hobi motor trail memang bukan hobi yang murah, karena tanpa membeli sebuah unit motor trail, rasanya amat sangat tidak afdol. Beragam macam motor trail jenis terbaru memang mudah ditemukan di dealer-dealer sepeda motor, mulai dari merk lokal hingga Eropa.

     Tapi membeli sebuah unit motor trail baru, tentu akan merogoh kocek yang cukup dalam. Belum lagi, Anda harus membeli beragam perlengkapan keselamatan jika ingin membawa motor trail berpetualang. Sudah pasti pundi-pundi tabungan Anda akan merasakan akibatnya.

     Nah bagi Anda yang memiliki dana terbatas, pilihannya mungkin adalah mencari motor trail bekas yang masih layak pakai. Anda cukup beruntung jika bisa mendapatkan motor trail bekas yang pernah digunakan oleh rekan-rekan yang sudah dikenal karena sudah pasti plus minus dari tunggangan mereka akan dijelaskan dengan detail.

     Lantas bagaiman jika mencari motor trail bekas di penjual-penjual motor? Tenang, ada tips dan triknya kok. Yang pertama harus diperhatikan adalah bagian kaki-kaki. Maklum saja, pada motor trail bagian ini paling rentan rusak, apalagi jika sering diajak melakukan trabas menghajar medan-medan ekstrem.

     Untuk pengecekan suspensi kaki-kaki, bisa dengan cara langsung menaiki motor dan gunakan untuk bermanuver belok atau menikung, jika terasa membuang berarti komponen ada yang rusak. Anda juga bisa melakukan pengecekan secara fisik pada bagian kaki, perhatikan dengan seksama apakah ada kebocoran oli pada bagian-bagian itu.

     Selanjutnya, komponen yang perlu dicek ialah bagian mesin.. Gunakan pendengaran Anda apakah ada bunyi kasar saat mesin menyala. Nyalakan mesin tanpa bantuan gas. Setelah menyala, jangan segera gas kencang-kencang. Justru Anda harus melepaskan tanganmu dari motor. Lihat apakah motor bisa langsam (tetap menyala pada putaran mesin rendah/tanpa digas). Motor dengan mesin yang bermasalah nggak akan langsam pada putaran mesin di bawah 1500 rpm.

     Setelah yakin dengan kondisi mesin, sekarang tunggangi motor dan coba jalankan pelan-pelan. Rasakan perpindahan dari gigi 1 ke 2 dan seterusnya. Apakah halus dan nyaman ataukah keras dan sulit dipindahkan? Gigi yang kasar saat dipindahkan menandakan kampas kopling harus segera diganti. Jika terdengar suara mendesir pada rantai dan mesin saat berjalan, maka kemungkinan besar gir motor harus diganti — hati-hati, ini memakan biaya yang cukup besar.

     Nah itu adalah sedikit tips yang bisa kami berikan jika Anda berencana untuk membeli motor trail bekas. Jadi selamat berburu ya.

comments

`