caption trialgame

Perlukah Ganti Oli Mesin Setelah Mudik ?

Wednesday, 11 May 2022

Perlukah Ganti Oli Mesin Setelah Mudik ?


Sudah siap beraktivitas kembali setelah liburan panjang lebaran? Kendati memang minggu ini, mungkin masih ada yang belum kembali bekerja namun hampir sebagian besar orang sudah siap kembali rutin melakukan aktivitas mereka. Nah sebelum kembali ke rutinitas ada satu pertanyaan yang harus dijawab, terutama jika Anda melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan motor trail kesayangan Anda. Apakah perlu mengganti oli mesin, padahal sebelum berangkat mudik sudah melakukan servis rutin serta penggantian oli ?

Nah, sebenarnya pedoman pergantian oli mesin sesuai jarak tempuh sudah diberikan panduan oleh pabrikan motor Anda, namun Anda harus mempertimbangkan juga untuk mempercepat waktu penggantian oli jika  Anda sering terjebak dalam kemacetan yang lama, sedangkan motor Anda pastinya dalam kondisi hidup. Padahal pada waktu itu odometer tidak bertambah, dikarenakan dalam kondisi berhenti.

Hal ini berlaku juga ketika Anda menempuh perjalanan jauh, mengingat mesin motor bekerja ekstra keras karena dipacu dalam waktu yang lama dengan waktu istirahat yang minim. Perjalanan yang ditempuh untuk keluar kota biasanya jarang menemui kemacetan, tapi perlakuan terhadap penggantian pelumas mesin harus tetap sama.

Apalagi jika di tengah jalan Anda masih harus terjebak kemacetan, biasanya di saat momen liburan seperti sekarang ini masih banyak orang yang pergi keluar kota. Tentunya motor Anda butuh perhatian ekstra juga.  Saat terjebak macet tentu mesin terus menyala, itu akan membuat mesin bekerja berat. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya frekuensi perpindahan gigi atau pengurangan gigi rendah dalam waktu yang lumayan lama. Jika perjalanan Anda seperti ini maka sebaiknya Anda mengganti oli dengan segera. Walaupun mobil anda belum menempuh jarak yang telah ditetapkan untuk mengganti oli.

Akan tetapi jika memang perjalanan tersebut berjalan lancar tanpa ada hambatan yang lumayan serius, maka dalam kondisi seperti ini oli bisa diganti ketika sudah mencapai jarak tempuh yang sudah ditetapkan.

Nah jika perjalanan mudik Anda menimal mencapai total perjalanan 500 kilometer, sebaiknya segera menggantio oli saja karena melakukan perjalanan panjang juga membuat mesin lebih panas. Efeknya, memungkinkan terjadinya penguapan pada oli mesin yang digunakan. Jadi untuk menghindari kerusakan part mesin karena oli yang sudah menurun kualitasnya atau berkurang volumenya, bagusnya segera ganti oli.  Ganti oli sendiri sebenarnya memakan biaya yang tidak seberapa, apalagi jika dibandingkan nanti harus turun mesin karena ada part yang rusak akibat kondisi oli yang sudah tidak bagus dan tetap digunakan.

 

comments

`