caption trialgame

Perlukah Mengendurkan Rantai Motor Trail Harian?

Thursday, 23 March 2023

Perlukah Mengendurkan Rantai Motor Trail Harian


Ketika musim hujan tiba, pengendara motor trail harian dituntut harus lebih ekstra konsentrasi ketika berkendara dan mengecek kendaraannya secara rutin. Umumnya pemilik akan mengecek keausan ban, tapi tak sedikit yang juga beranggapan bahwa setelan rantai  motor harus dibuat sedikit kendur. Alasannya beragam, tapi paling kuat yang mendasari anggapan itu agar kinerja rantai tidak terlalu berat ketika melewati genangan air.

Lalu apakah anggapan tersebut benar atau hanya mitos yang berkembang saja? Setelan rantai harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Untuk motor harian karena relatif jalan yang dilalui tidak naik turun dan ekstrem jika dikasih kendur justru memungkinkan rantainya terlepas dari gir.

Berbeda halnya jika motor trail digunakan untuk terabas atau adventure. Maka lebih untuk membuat setelah rantai sedikit lebih kendur. Tujuannya adalah untuk memberikan jarak bebas kaki-kaki sepeda motor ketika bermanuver di jalan tidak rata. Setelan rantai untuk motor trail trabasan atau motocross pasti kendur. Kenapa, ketika melewati jalan keriting atau loncat otomatis main suspensi dan swing arm menjadi jauh.  Apa yang terjadi jika setelannya terlalu kencang? Bisa-bisa rantai motor trail Anda putus saat trabasan.

Sebagai panduan untuk berkendara motor trail harian baik itu musim kemarau atau hujan, sebaiknya agar jarak renggang rantai dibuat 1-2 cm. Batas itu disebut sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Caranya setelah disetel rantainya tekan bagian bawah rantai lalu ukur sudah ideal belum. Jangan terlalu kencang karena bisa membuat rantai putus,.

Alasan lain mengapa rantai harus memiliki jarak ideal karena secara konstruksi antara gir depan dan belakang tidak dibuat simetris. Perhatikan saja ketika setel rantai dan roda diputar pasti ada bagian rantai yang kencang dan tidak, itu tujuannya menyetel rantai harus ada jarak ideal. Nah yang pasti jangan malas untuk membersihkan dan melumasi rantai, karena percuma saja mengatur jarak renggang ideal tapi kondisi rantai kotor dan berkarat. .

comments

`