caption trialgame

Perlunya Flush Pelumas Mesin!

Wednesday, 23 November 2022

 

Perlunya Flush Pelumas Mesin


Oli merupakan salah satu komponen vital pada mesin motor trail Anda. Meski punya fungsi penting, oli kerap diabaikan oleh pemilik kendaraan, hingga ada yang lupa menggantinya tepat waktu. Padahal mengganti oli mesin secara berkala memiliki beberapa manfaat.

Oli meskipun dipandang sebelah mata, punya peran yang sangat penting dalam operasional mesin. Oli pada mesin kendaraan bahkan memiliki fungsi seperti darah pada sistem tubuh manusia. Oli ini licin. Artinya, apabila mesin kendaraan berjalan normal, jarang terpikirkan bahwa olinya memang baik dalam menjaga perawatan mesin kendaraan tersebut. Namun apabila ada masalah pada mesin, hal utama yang disalahkan biasanya langsung tertuju pada apa jenis oli yang digunakan.

Nah oleh karena itu mengganti oli secara rutin adalah wajib hukumnya. Oh iya kendati tidak ada dalam buku petunjuk manual pemilik kendaraan, flush pelumas mesin mesti dilakukan karena alasan tertentu. Seperti pelumas mesin motor tercemar air banjir, ditandai dengan warna pelumas yang berubah menjadi coklat susu. Atau juga saat berganti jenis pelumas, dari mineral ke sintetis, atau berganti merek misalnya. Karena sifat pelumas mineral dan sintetis yang berbeda, atau masing-masing merek memiliki aditif yang berbeda.

Karena jika hanya dikuras dan langsung diganti, ada kemungkinan sisa pelumas lama yang nanti bercampur, yang akibatnya bisa meninggalkan endapan di bak oli. Dalam jangka panjang fungsi pelumas berkurang, seperti untuk pendinginan, dan pencegahan keausan komponen, karena tidak mengalir lancar.

Ada tipsnya lho untuk melakukan pengurasan dan pembilasan pelumas mesin itu. Pertama-tama sediakan pelumas baru sesuai kebutuhan (kemasan 0,8Latau 1L) sebanyak 2 botol. Lakukan pengurasan melalui lubang pembuangan pelumas di motor sampai kira-kira tiris. Berikutnya tuang 1/3 kemasan pelumas, dan nyalakan mesin selama 5 menit, setelah menutup lubang pengisian dan pembuangan.

Kuras kembali oli baru itu, dan tuang sisa 2/3 kemasan pelumas baru. Kembali nyalakan mesin secara stasioner selama 5 menit tidak pelu digas-gas biar tidak ditimpuk tetangga yang keberisikan. Kuras oli tersebut hingga kira-kira tiris dan masukkan pelumas baru dari kemasan kedua sesuai kebutuhan motor atau petunjuk buku manual (ada yang 650cc, 700cc, 800cc hingga 1L dan 1,3L).

 

comments

`