caption trialgame

Pertimbangkan Ini Sebelum Ganti Knalpot!

Wednesday, 16 June 2021

Pertimbangkan Ini Sebelum Ganti Knalpot!


Modifikasi motor trail bisa mencakup banyak hal. Salah satunya mengganti knalpot bawaan dengan produksi aftermarket yang biasanya punya suara lebih besar. Namun kerap kali pemilik motor tidak memperhitungkan kinerja mesin, dan asal membeli knalpot racing di pasaran. Jika sudah seperti ini akan banyak merugikan pengguna motor nantinya.

Jadi alangkah lebih baikya, sebelum membeli knalpot aftermarket sebaiknya Anda mengetahui spesifikasi mesin motor trail Anda. Misal berapa cc mesinnya, ubahan yang sudah dilakukan seperti apa, karburator atau injeksi. Ini agar knalpot juga dapat bekerja dengan sempurna.

Tidak bisa dipungkiri memang kerap kali pemilik memasangkan knalpot karena sekadar menyukai merek atau model yang ditawarkan. Padahal memilih knalpot adalah langkah terakhir setelah pemilik kendaraan melakukan settinggan mesin.

Jadi bukan membeli knalpot dulu baru setting mesin sesuai knalpot. Paling tepat adalah setting mesin dahulu baru kemudian cari knalpot yang sesuai dengan settingan mesin. Knalpot selalu paling terakhir dan menyesuaikan settingan mesin.

Nah saat ini ada beberapa jenis bahan yang sering digunakan dalam pembuatan knalpot motor. Bahan-bahan tersebut adalah bahan galvanis, stainless, aluminium hingga penggunaan bahan titanium. Lantas, dari beberapa pilihan bahan pembuatan knalpot motor tersebut,  apakah akan berpengaruh dengan suara dan performa yang dihasilkan?

Jenis bahan yang dipakai dalam pembuatan knalpot motor tidak akan berpengaruh pada suara knalpot. Jadi bisa disimpulkan, memakai bahan apapun, baik itu bahan galvanis, stainless, aluminium hingga penggunaan bahan titanium. untuk membuat knalpot, suara yang dihasilkan oleh motor tidak akan Anda temukan perbedaannya.

Misalkan bahan knalpot paling tebal seperti aluminium atau stainless itu tebalnya sekitar 1 sampai 1,2 mm. Lalu, titanium hanya 0,8 mm, jika perbedaan tebal sekitar 0,2 mm maka tidak ada pengaruh apapun dalam suara.

Walaupun tidak berpengaruh pada suara yang dihasilkan, jenis bahan yang dipakai dalam pembuatan knalpot motor bisa berpengaruh pada performa motor. Ini bisa terjadi karena adanya perbedaan bobot yang sangat mungkin berpengaruh pada bobot motor secara keseluruhan sehingga juga berpengaruh pada performa motor.

Contohnya, titanium adalah bahan yang paling ringan dan jika knalpot motor Anda memakai bahan ini, maka akan berpengaruh pada bobot motor trail dan bisa otomatis berpengaruh pada performa motor trail secara keseluruhan.

Nah jadi sebelum Anda memutuskan untuk mengganti dengan knalpot after market, sebaiknya pertimbangkan dulu penjelasan-penjelasan di atas ya.

comments

`