caption trialgame

Pikir 1000X Dulu Sebelum Terobos Banjir!

Wednesday, 10 February 2021

Pikir 1000X Dulu Sebelum Terobos Banjir!


Memasuki bulan kedua di tahun 2021, sebagian besar wilayah Indonesia sudah mulai merasakan musim hujan yang cukup deras. Tidak sedikit wilayah yangkemudian tergenang banjir akibat curah hujan dan intesitasnya yang semakin sering terjadi. Nah Jika terjadi banjir, ada beberapa komponen atau suku cadang yang harus diberi perhatian khusus.  Kami akan berikan  tips pengecekan dan  pencegahan yang harus dilakukan dikala situasi banjir.

Lakukan pengecekan pada tutup busi. Perhatikan apakah ada kebocoran atau kurang rapat. Ganti ke yang baru bila diperlukan atau bawa cadangan. Kebocoran ini juga bisa diatas dengan menambahkan seal atau isolasi pada tutup busi.  Kemudian bersihkan rem secara berkala agar tetap bersih dan bekerja maksimal. Jika sudah tipis atau memang diperlukan, sebaiknya segera diganti.

Bagi para penggunaka motor trail memang diuntungkan dengan posisi knalpot yang lebih tinggi dibandingkan motor lain. Gak heran jika motor jenis ini piawain menerabas genangan air. Tapi gimana dong dengan motor biasa? Tenang, ada tipsnya juga kok. Bila permukaan air sudah cukup tinggi, disarankan untuk menyiapkan ban dalam bekas yang sudah dipotong untuk dipasang atau diikat ke knalpot. Hal ini berfungsi untuk mencegah knalpot terendam air dan agar air tidak masuk ke mesin, serta gas buagan dapat disalurkan keluar melalui ban dalam bekas tersebut. Selalu siapkan kain atau lap kering untuk mengeringkan busi atau tutup busi

Saat mengendarai motor yang terendam banjir, usahakan agar gas selalu ditarik, jangan sampai kendor atau dilepaskan sehingga mesin tidak mati dan di rem sedikit agar laju kendaraan tetap konsisten, serta fungsi rem tetap stabil (kanvas rem tetap kering). Lakukan pelumasan atau penyetelan pada rantai secara periodik. Pelumasan rantai dan bearing yang sempat terendam air dapat diulang setelah melewati genangan air/banjir. Dan yang terakhir adalah lakukan pengecekan tekanan udara ban sesuai kondisi jalan ya. jangan sampai ban Anda kempes kurang udara, yang bisa mengakibatkan turunnya daya cengkram.

comments

`