caption trialgame

Pilah Pilih Ban Di Musim Hujan, Jangan Sembarangan!

Thursday, 4 February 2021

Pilah Pilih Ban Di Musim Hujan, Jangan Sembarangan!


Memasuki bulan Februari, biasanya hujan akan turun dengan intensitas yang cukup sering di sebagian besar kawasan Indonesia. Untuk itulah bagi Anda pengguna motor trail, apalagi yang menggunakannya untuk kegiatan harian, harus berhati-hati saat beraktivitas.  Di musim hujan ini, banyak risiko yang bisa timbul dan merugikan pengendara motor jika jenis ban yang dipakai tidak mendukung,  Jika ban sampai kehilangan traksi saat berkendara, maka kendaraan bisa jatuh dan tergelincir.

Nah untuk menghindari beragam resiko yang bisa merugikan Anda, ada beberapa tips yang mengenai ban-ban yang cocok untuk digunakan di musin hujan ini. Yang pertama adalah pilih ban yang memiliki banyak alur pada tapaknya. Sebenarnya, ban bawaan pabrik sudah lebih dari cukup, namun jika Anda merasa kurang nyaman dan ingin ganti ban, Anda bisa memilih ban yang memiliki banyak alur di tapaknya yang berfungsi untuk memecah genangan air yang ada di jalan. Tapak ini juga berguna untuk menjadi jalur air mengalir, sehingga dapat meminimalisir risiko ban selip atau licin.

Kemudian disarankan untuk menghindari penggunaan ban semi slick karena pola tapaknya minim, yang otomatis akan sulit digunakan saat melewati genangan air. Alur yang minim bisa mempersulit ban untuk memecah air dan bisa menimbulkan risiko ban selip bahkan aquaplaning. Selain bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain, ban semi slick juga memiliki cengkraman yang kurang kuat di jalan basah, sehingga proses pengereman jadi kurang maksimal dan butuh waktu lebih untuk menghentikan laju kendaraan.

Yang terakhir adalah menggunakan ban yang memiliki alur bermotif huruf V atau seperti ujung anak panah. Ban jenis ini termasuk ke dalam kategori unidirectional yang umumnya direkomendasikan untuk melibas jalan kering maupun basah. Motifnya membuat ban ini sangat efektif dalam memecahkan genangan air, sehingga risiko ban selip atau aquaplaning pun bisa dihindari dan diantisipasi.

Kendati pemilihan ban memiliki peran vital tapi perlu diingat juga faktor-faktor lain ya, seperti memperhatikan kecepatan saat berkendara karena kecepatan yang terlalu tinggi rawan tergelincir akibat jalanan licin. Jadi selalu berhati-hati ya.

comments

`