caption trialgame

Pilihan Ban Dual Purpose Motor Tracker!

Tuesday, 4 May 2021

Pilihan Ban Dual Purpose Motor Tracker!


Untuk para penggemar motor trail yang gemar melakukan modifikasi atau custom, ada banyak gaya yang biasa menjadi acuan. Ada yang mencontoh gaya scrambler, cafe racer, bobber, dan tentu yang biasnya paling populer untuk para pengguna motor trail supermoto atau dual sport adalah gaya tracker.

Asal usul motor custom bergaya tracker berawal dari ajang balap flat track yang terkenal di Amerika sejak puluhan tahun yang lalu. Balapan yang dilakukan di atas pasir ini membutuhkan ban khusus. Ban yang digunakan untuk balapan adalah semi off-road. Namun, motor custom bergaya tracker banyak digunakan untuk harian dan dijalankan di atas aspal.

Nah sesuai sejarahnya, maka rasanya agak kurang tepat jika motor custom bergaya tracker, tapi menggunakan ban untuk aspal. Agar konsep motor tracker bisa lebih kental, maka sebaiknya menggunakan ban dual purpose, sehingga kesan klasik tetap akan terjaga.

Kendati terdengar sepele tapi biasanya pemilihan ban pun memiliki proses yang cukup panjang, oleh karena itu kami akan mencoba memberikan beberapa alternatif bagi Anda yang kebetulan sedang mencari ban dual purpose untuk modifikasi motor trail Anda. apa saja sih ban-ban tersebut? Simak di bawah ini ya.

Yang pertama tentu ada ban kelas premium. Untuk jenis ini Anda bisa menggunakan ban Pirelli dengan tipe Scorpion Rally, Scorpion Rally STR, dan MT60. Harganya ada di kisaran Rp 1 jutaan hingga Rp 5 jutaan.  Selain Pirelli, ada juga Continental TKC 70, Metzeler Karoo, dan Heidenau K 60. Biasanya, untuk motor custom bergaya tracker, banyak yang menggunakan ban keluaran Shinko. Tapi ternyata ban yang paling banyak digunakan untuk bergaya tracker adalah Shinko dengan tipe Big Block dan Trail Master.

Bagi Anda yang memiliki bujet terbatas, ban merek lokal pun mempunyai pilihan yang tidak kalah banyak dan kualitas yang cukup mumpuni. Sebut saja seperti Zeneos, Swallow, dan Corsa. Untuk Zeneos ada seri Turino ZN33, sedangkan Swallow seri Street Enduro SB 117, lalu Corsa dengan Cross S. Harganya pun relatif lebih miring dengan kisaran Rp 150 ribuan hingga Rp 500 ribuan. Sangat bersahabat untuk kantong bukan?

comments

`