caption trialgame

Popularitas Ban Dual Purpose

Wednesday, 12 August 2020

Popularitas Ban Dual Purpose


Industri modifikasi motor di Indonesia tengah menggeliat, banyak bengkel custom kebanjiran order akan beragam modifikasi. Mulai dari modifikasi ringan mengganti ban atau lampu, hingga kustomisasi ekstrem yang mengubah kapasitas mesin dan utilitas sepeda motor. 

Nah apa pun jenis modifikasinya, ternyata hampir sebagian besar selalu menggunakan ban dual purpose pada bagian kaki-kakinya. Beberapa bengkel modifikasi mengakui adanya pergeseran selera segmen motor yang tadinya mengejar gaya 'racing look' menjadi motor touring.

Tipikal para penggila motor di Indonesia itu lebih suka touring sekarang dibanding racing, orang-orang yang hobi jalan beli atau bikin motor touring jadi jaga-jaga kalau keluar daerah ada jalan yang enggak mulus atau masih hancur, ngejar traksinya pakai ban dual purpose.

Ban dual purpose memiliki kemampuan daya cengkeram yang sangat baik pada permukaan jalan yang kering hingga basah yang menggenang sekalipun. Ini berkat kompon ban tersebut yang dibuat sedemikian rupa hingga akhirnya menjanjikan stabilitas saat melintasi jalanan berpasir, tanah, atau berlumpur. 

Dari fisiknya, umumnya ban dual purpose memiliki profil yang tinggi guna mendongkrak ketinggian motor. Selain itu, tapak ban juga didesain memiliki kembangan yang banyak, dan mengotak beraturan sehingga celahnya lebih lebar dan lebih dalam guna meningkatkan traksi selain di permukaan jalan yang mulus. 

Lewat kemampuannya yang ganda, ban ini pun dijual agak tinggi dibanding ban umumnya yang sering dibeli pemotor. Ban dual purpose pabrikan lokal bisa dijual mulai dari Rp 190 hingga 400 ribuan, sementara untuk ban impor diniagakan mulai dari Rp 1,2 juta tergantung merek dan ukuran.

Nah karena peminat ban jenis ini bukan hanya dari segmen motor trail saja. Ban dual purpose cocok digunakan pada segala kebutuhan dan segmen, seperti motor matik, bebek, skutik bongsor maupun sport 150 cc. Apalagi bila menemui jalan yang rusak, ban dual purpose siap diandalkan.  Tidak heran jika kemudian pihak motor yang memiliki velg dengan ukuran 10 inci pun sudah dapat mengaplikasikan ban dual purpose.  Hingga saat ini ukuran ban dual purpose yang tersedia di pasaran mulai dari 10 inci sampai 21 inci.

 

comments

`