caption trialgame

Rawat Mesin Motor Trail Agar Performa Tetap Optimal!

Thursday, 8 April 2021

Rawat Mesin Motor Trail Agar Performa Tetap Optimal!


Bagi yang pernah membeli motor trail baru tentu pernah merasakan puncak performa motor tersebut. Namun , dalam beberapa bulan, biasanya akan mungkin mulai sedikit mengabaikan perawatan kunci atas mesin motormu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan mesin motormu tetap dalam puncak performa. Tidak ada yang sulit, hanya beberapa langkah sederhana agar mesin motor tahan lama dan mungkin saja bisa menghemat uang Anda. apa saja sih langkahnya? Simak penjelasannya.

Yang pertama adalah cek secara visual kondisi rantai motor. Ini adalah hal paling utama yang harus diperhatikan sebelum mengendarai motor. Transmisi tenaga dari mesin ke roda belakang pasti melalui rantai. Ini adalah komponen kunci pada motor yang sering mengalami masalah. Sebuah rantai yang terlalu kencang atau terlalu kendur akan banyak menimbulkan suara berisik. Pastikan untuk selalu memeriksa  tegangan rantai agar sesuai dengan spesifikasi pabrikan.  

Lalu gunakan bahan bakar oktan rekomendasi pabrikan.  Kadar oktan adalah ukuran bahan bakar yang diizinkan untuk digunakan sesuai dengan kombusi mesin. Anda  harus selalu menggunakan kadar oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan motor, dan Jika menggunakan bahan bakar oktan rendah dibanding yang seharusnya mesin gunakan, mesin akan berjalan dengan lamban, menimbulkan kerusakan bagian dalam mesin, dan juga sistem kontrol emisi.

Untuk motor yang menggunakan sistem cairan untuk pendingin mesinnya, pastikan untuk mengganti cairan pendingin mesin tiap dua tahun. Cairan pendingin mesin berguna untuk menjaga mesin tetap berfungsi di kondisi cuaca ekstrem. Cairan ini adalah campuran glycol dan air yang punya beragam warna berdasarkan merknya, menjaga mesin bekerja pada suhu optimal, mencegah terbentuknya karat dalam mesin dan juga mencegah tumpukan mineral pada mesin.

Cek level cairan pendingin mesin secara rutin dan pastikan cairan di atas batas minimum tapi juga di bawah batas maksimum, dan ganti cairan tiap dua tahun sekali. Tapi semua juga bergantung dari cara Anda mengendarai motor trail ya, jika sering trabasan rasanya dua tahun sekali akan terlalu lama.

Busi memperoleh tenaga listrik dari distributor, dan menghasilkan percikan api yang dibakar oleh campuran bensin dan udara di ruang pembakaran. Fungsi busi sangat vital, maka jangan biarkan busi mengalami aus atau kerusakan.  Selalu mengacu pada instruksi manual motor untuk tahu rekomendasi pabrikan kapan busi harus diganti. Jarak yang sudah ditempuh dan kondisi jalan punya pengaruh signifikan terhadap daya tahan busi sebelum aus atau rusak.

Dan yang terakhir adalah menganti oli mesin secara berkala.  Oli mesin menjaga semua bagian dalam mesin motor terlumasi dengan baik, mencegah mesin panas dan mengalami korosi. Hal itu jadi alasan mengapa level oli harus selalu diperhatikan, dan juga harus dipastikan mesin dilumasi dengan oli baru secara berkala sesuai spesifikasi pabrikan motor.  Selain itu, setiap kali oli mesin diganti, maka filter oli juga harus diganti. Sesuai dengan namanya, filter oli berfungsi menyaring semua kotoran dari oli yang masuk ke mesin.  Nah, itu tadi langkah untuk menjaga mesin motor tetap dalam performa oke. Terapkan pada motor Anda agar usia motor menjadi lebih panjang ya.  .

comments

`