caption trialgame

Rawat Tepat Sarung Tangan Kulit!

Wednesday, 21 December 2022

Rawat Tepat Sarung Tangan Kulit!


Sarung tangan wajib dikenakan ketika mengendarai motor trail.  Baik itu trabasan atau penggunaan harian. Sederhananya, perlengkapan yang satu ini bisa membuat tangan tidak belang hingga meminimalisir terjadinya cedera serius di area tangan ketika terjadi kecelakaan.  Saat ini, sejumlah merek dan jenis sarung tangan pun tersedia. Pun dengan bahannya, mulai dari mesh, polyester, kulit sintetis, hingga kulit asli.

Nah, untuk pengguna motor trail yang gemar trabasan, biasanya lebih memilih menggunakan sarung tangan berbahan kulit ketimbang sarung tangan yang berbahan kain. Padahal perawatan sarung tangan berbahan kain terbilang cukup mudah karena bisa dicuci. Lain halnya bila Anda menggunakan sarung tangan berbahan kulit.

Sarung tangan kulit juga sebenarnya boleh dicuci tapi jangan menggunakan sabun yang sifatnya keras seperti deterjan. Memang deterjen bisa merontokan beragam macam noda yang membandel tapi jika digunakan terus menerus, efek jangka panjangnya akan membuat bahan kulit menjadi rusak dan pecah-pecah.

Bagi Anda yang ingin membersihkan sarung tangan kulit, gunakanlah sabun bayi saat proses perendaman. Kalau ada bau yang tidak sedap dari sarung tangan kulit, bisa direndam di air dengan sabun bayi lalu dikucek lembut. Kalau ada kotoran atau noda bisa juga dibersihkan pakai sikat lembut seperti sikat gigi.

Setelah dicuci, hal yang perlu diperhatikan adalah proses pengeringannya. Hindari menjemur sarung tangan kulit di bawah terik matahari langsung. Jika ada pengering rambut bisa digunakan, tapi diatur mode angin saja. Paling mudahnya diangin-anginkan saja.

Oh iya jangan lupa untuk menyemprotkan pewangi supaya harum. Sebab, sarung tangan kulit apabila kering akan lebih kaku dan menimbulkan bau tak sedap. Adapun guna meminimalisir kekakuannya, Anda bisa menggunakan baby oil. Caranya sarung tangan dipakai, kemudian baluri di bagian kulitnya.

Sementara itu, saat menggunakan sarung tangan hindari pula menyimpannya di tempat yang memiliki kelembapan tinggi dan panas seperti di bagasi motor.  Sarung tangan kulit bila dirawat secara benar memiliki masa pakai yang lebih lama. Sebab, kulit lebih tahan terhadap abrasi, benturan, dan goresan. Sarung tangan jenis ini juga lebih nyaman digunakan karena bisa menyesuaikan dengan bentuk tangan.

comments

`