caption trialgame

Resiko Helm Tanpa Visor dan Goggle!

Wednesday, 16 June 2021

Resiko Helm Tanpa Visor dan Goggle!


Helm sangat berguna untuk melindungi kepala Anda dari benturan ranting, batu yang terpental, benturan aspal saat anda jatuh. Karena itulah menggunakan helm saat berkendara dengan sepeda motor adalah suatu kewajiban mutlak yang tidak boleh dilanggar.

Seiring dengan makin bertambahnya pengguna kendaraan roda dua helm muncul dengan berbagai pilihan model dan harga menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang ada. Mulai helm full face, half face, helm off road bahkan helm retro. Untuk para pengguna motor trail, helm cakil biasanya menjadi pilihan utama karena memang helm ini diperuntukan untuk kegiatan trabasan.

Salah satu keunikan helm cakil ini biasanya memiliki bagian pelindung dagu yang lebih panjang dan tidak memiliki  visor. Bagian dagu lebih panjang memang diperuntukan untuk melindungi bagian kepala jika terjadi kecelakaan. Dan memang helm ini tanpa visor, tapi biasanya para pengguna motor trail menggunakan goggle untuk melindungi mata.

Tapi ada saja beberapa pengguna motor trail yang menggunakan helm ini tanpa goggle. Walaupun tampaknya sepele, visor pada helm memiliki peranan yang ttidak kalah penting untuk keselamatan berkendara.  Apa sih resiko yang bakal terjadi kalo tidak menggunakan visor atau  kacamata goggle ? simak ulasannya ya.

Kebanyakan visor dan goggle sudah dilengkapi dengan penangkal sinar UV, kondisi ini penting saat anda berkendara pada siang hari karena terkena sinar matahari langsung akan membuat penglihatan menjadi silau dan mengurangi kewaspadaan saat mengemudi. Selain silau paparan sinar UV dalam jangka panjang akan merusak penglihatan Anda secara permanen.

Pemakaian visor atau goggle  juga berguna untuk menghalangi masuknya partikel debu, kotoran hingga serangga kecil yang beterbangan di jalan. Jika Anda tidak memakai visor saat berkendara, besar kemungkinan benda-benda asing tersebut masuk kemata. Reflek mengucek mata sata berkendara tentu saja sangat berbahaya, selain penglihatan terhalang pegangan Anda pad kemudi juga menjadi tidak stabil. Hal tersebut tentu saja akan meningkatkan risiko terjatuh atau menabrak sesuatu.

Oh iya kaca pelindung pada helm juga berfungsi memecah angin, saat berkendara dengan motor tentu saja Anda akan terkena paparan angin secara langsung dan besarnya terpaan angin ini berbanding lurus dengan kecepatan laju kendaraan Anda. Jika anda menggunakan helm tanpa visor angin akan menerpa bagian wajah tanpa adanya penghalang, jika hal ini terjadi terus menerus tentunya mata akan terasa kering bahkan bisa terjadi iritasi. Mata yang terasa kering bahkan pedih akan mengurangi konsentrasi anda dalam mengemudi dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

comments

`