caption trialgame

Rumus Tepat Pilih Ban Supermoto

Saturday, 1 February 2020

Rumus pertama dalam merubah motor trail Anda menjadi supermoto adalah mengganti ban serta pelek yang digunakan. Setelah itu modifikasi berikutnya adalah opsional. Panduan utamanya adalah menggunakan model jari-jari ukuran 3.00/17 pada bagian depan yang artinya berukuran lebar 3 inci dengan diameter 17 inci. Sementara di bagian belakang 3.50/17.

Setelah urusan pelek selesai kemudian lanjut pada pemilihan ban. Normalnya ukuran ban untuk supermoto 110/60/17 depan dan 130/60/17 belakang. Jika ingin terlihat lebih kekar, pemilik dapat menggunakan ban 120/60/17 dan belakang 150/60/17. Namun konsekuensinya penutup rantai harus dilepas agar tidak bergesekan dengan ban. Tidak disarankan menggunakan ban ukuran lebih besar. Sebab selain bakal bergesekan dengan penutup rantai dan penutup suspensi upside-down depan, akan membuat tarikan motor terasa berat.

Untuk pilihan ban sendiri, saat ini beragam produsen ban mengeluarkan beragam jenis ban yang mereka klaim khusus diperuntukan untuk supermoto. Dan masing-masing biasanya memiliki kekurangan serta kelebihannya.

Untuk pemilihan ban, semua memang tergantung selera tapi kami sarankan untuk memilih ban bagian depan yang memiliki kembangan alur tengah. Lho kenapa demikian? alur tengah pada ban, memiliki fungsi untuk memantulkan air ketika melewati jalanan yang basah. Jadi air yang menggenang bisa terbelah dengan adanya alur tengah pada ban depan motor Anda. Ini amat berguna saat musim hujan atau melewati litnasan basah.

Pada ban depan menggunakan ban yang memiliki alur tengah masih disarankan, berbeda dengan ban belakang. Perumpaannya jika motor adalah perahu, maka ban depan adalah moncong perahu yang memecah gelombang, sementara bagian belakang perahu tidak perlu memiliki fungsi untuk memecah gelombang.

Alur garis tengah tidak diperlukan pada ban bagian belakang karena ban belakang biasa digunakan untuk mendapatkan traksi . Yang mempengaruhi untuk mendapatkan adalah jenis compound dan tekanan udara pada ban tersebut. Pemilihan compound keras dan soft memiliki perngaruh signfikan pada traksi. Compound soft memilki traksi yang bagus dan tidak licin tapi jika sering digunakan akan cepat gundul. Sementara compound kompon keras atau hard cenderung lebih awet ketika digunakan. Namun memiliki traksi yang tidak sebaik compound soft.

 

 

 

comments

`