caption trialgame

Sahabat Sejati Lintasan Offroad!

Thursday, 6 January 2022

 

Sahabat Sejati Lintasan Offroad!


Fungsi handguard yang dipasang pada stang motor trail Anda bukan sekedar pemanis agar motor trail kelihatan lebih keren. Nah bagi pemilik dan pengguna motor trail yang sering melakukan adventure atau offroad, handguard mempunyai fungsi yang sangat penting dan harus benar cara pemasangnnya. Bisa dibilang piranti ini adalah sahabat sejati Anda di lintasan offroad.

Fungsi utama handguard sendiri adalah melindungi jari tangan dari lontaran kerikil atau tanah akibat garukan roda motor yang ada di depan kita. Kemudian melindungi tuas kopling dan rem depan dari resiko patah ketika motor jatuh. Handguard juga mencegah tuas rem depan tiba-tiba ngerem sendiri akibat terkena ranting atau semak ketika offroad di jalur single track dan banyak pohon. Dan jika ukuran plastik yang ada di handguard terhitung lebar, akan melindungi tangan dari cipratan lumpur.

Tapi tahukah Anda ternyata jika salah pemasangannya, handguard bisa merusak komponen lain lho, terutama handlebar. Hal ini bisa terjadi saat Anda terjatuh atau mengalami benturan keras, biasanya yang terjadi adalah stang handlebar akan patah. Apa sih yang bikin hal ini bisa terjadi?

Usut punya usut, ternyata ada yang salah dalam penerapan handguard di stang. Stang bisa patah disebabkan terlalu kencangnya mur dan baut pengikat handguard. Peranti ini memang buat melindungi tangan, handel rem serta peranti lainnya yang berada di sekitarnya. Namun bisa berbahaya juga bila salah menerapkannya

Oh iya ada beberapa tipe pengunci pada handguard. Ada model jepit pada stang, dan juga ada yang dibaut pada raiser stang. Baut pengikatnya boleh dikencangkan, tapi tidak sampai berhenti. Fungsinya agar handguard ini masih dapat bergerak naik atau turun bila terjadi benturan keras. Kalau dikencangkan maksimal dan kaku, ya secara otomatis stang akan kalah. Walaupun pakai stang ternama sekalipun. Ternyata ini penyebabnya ya.

Oh iya tidak sedikit juga teman-teman yang masih sering tertukar antara handguard atau lever guard di motor ya. Sebenarnya ya mudah saja sih, bisa dilihat dari namanya juga. “Mudahnya bisa lihat dari namanya. Handguard lebih dirancang melindungi tangan sedangkan lever guard untuk melindungi tuas rem atau kopling di motor. Dari segi bentuk dan bobot, handguard lebih besar dan sedikit berat dibandingkan lever guard yang ramping. Nah jadi jangan salah pasang ya.

comments

`