caption trialgame

Salah Pilih Jenis Bahan Bakar, Bikin Motor Brebet

Thursday, 13 February 2020

Motor trail dual sport biasanya digunakan sebagai kendaraan sehari-hari di Indonesia. Karena mobilitas yang tinggi dan digunakan setiap hari, sering kali pemiliknya lupa atau bahkan mengabaikan perawatan. Nah kurangnya perawatan menjadi awal penyebab motor brebet saat digunakan.

Di dalam sepeda motor banyak komponen bergerak dan part yang harus bekerja keras selama mesin hidup. Karena digunakan secara terus-menerus maka kinerja beberapa komponen bisa menurun kemampuannya. Motor brebet sebenarnya menjadi indikasi kalau beberapa komponen motor kesayangan mulai bermasalah dan pertanda perlu melakukan servis.

Gejala brebet ini biasanya muncul saat motor berjalan dan grip gas mulai diputar lebih dalam. Tarikan motor jadi tersendat dan pada beberapa kasus motor malah mati dan mogok. Coba Anda bayangkan misalnya mengalami motor brebet di saat menyalip kendaraan atau berada di tengah-tengah jalan raya, tentu bisa bahaya banget.

Ada beberapa penyebabnya bukan karena masalah berat tapi butuh penanganan secepatnya. Apabila dibiarkan begitu saja, maka motor terasa kurang nyaman dan kerusakan bisa merambat ke bagian yang lain.Secara umum penyebab motor brebet dikarenakan oleh perbandingan komposisi di ruang bakar tidak sesuai standar. Ini karena jenis bahan bakar yang tidak sesuai dan otomatis menjadikan pembakaran mesin kurang sempurna.

Ada beberapa penyebab motor brebet lainnya yang wajib diketahui agar nantinya bisa melakukan perbaikan secara cepat. Cara penanganan ini juga bisa digunakan sebagai pencegahan agar motor tidak lagi brebet saat digas pada rpm tingi ataupun rendah.

Nah salah satu penyebab paling umum adalah penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai menjadi penyebab yang umum terjadi pada kendaraan bermotor. Banyak pemilik motor sengaja memakai bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan pabrikan dengan alasan supaya lebih hemat. Rata-rata, pemotor lebih memilih bahan bakar yang murah, seperti Pertalite atau Premium.

Padahal, setiap pabrikan sudah menetapkan standar bahan bakar sesuai dengan rasio kompresi mesinnya. Bahkan beberapa motor terbaru harus menggunakan Pertamax agar lebih optimal dalam hal pembakaran mesin. Bila masih nekat memakai bahan bakar di bawah standar, siap-siap saja kuda besi kesayangan bakal ‘batuk-batuk’.

Ngadat seperti ini terjadi karena knocking pada mesin yang mengakibatkan motor brebet. Untuk itu, periksa buku panduan pemilik atau cari tahu kompresi mesin motor kalian dan apa bahan bakar yang tepat. Dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dan disarankan oleh pabrikan, gejala brebet bisa hilang.

Sebenarnya masih banyak penyebab mesin motor menjadi brebet, seperti busi yang lemah, kompresi yang tidak tepat, dan beberapa hal lainnya. Jadi nantikan ulasan kami di artikel lainnya ya.

 

comments

`