caption trialgame

Salah Posisi Letak, Helm Rawan Rusak!

Tuesday, 17 January 2023

Salah Tempat Simpan Bikin Helm Rusak


Bagi Anda pengguna motor trail harian, pasti pernah melakukan hal ini nih. Biasanya ketika selesai bekendara, dan memarkir motor, kemudian helm dilepas. Nah, tempat menaruh helm nih paling banyak adalah spion, stang motor dan tangki motor. Tapi banyak yang meletakan posisi  helm di atas tangki motor, dianggap sangat praktis, agak lebih aman, jika dibandingkan ditempatkan di atas  spion atau pada setang.

Padahal, ada efek negatif  yang bisa muncul, jika keseringan  meletakkan helm dalam posisi tersebut. Karena menempatkan helm di atas tangki dapat merusak  Expanded Polystyrene/Styrofoam atau EPS yang terdapat dalam helm

EPS sendiri adalah bagian pada helm berupa styrofoam yang berfungsi memberi redaman ketika terjadi kecelakaan. Nah, EPS bisa cepat rusak jika diletakan di atas tangki karena tutup tangki motor biasanya terdapat lubang udara.

Lubang  itu selain berfungsi supaya bensin turun, dapat berfungsi juga sebagai keluarnya uap bensin Ketika meletakan helm di atas tangki,  , uap  bensin langsung masuk ke dalam interior helm dan perlu dipahami, EPS paling sensitif dengan uap bensin. Dan kalau terlalu sering,  helm didekatkan dengan uap bensin, jelas akan merusak EPS. Bukti terjadinya kerusakan EPS bisa dikenali dengan munculnya bulir-bulir pada bagian dalam helm,  dan kalau ditekan terasa agak keras.

EPS  sendiri, dipasang di dalam helm  agar bisa berfungsi melindungi kepala dari benturan akibat crash atau kecelakaan. Jika EPS  dalam helm berubah  menjadi keras, jelas ini membuat fungsi safety atau perlindungan helm menjadi berkurang,  terlebih  jika terjadi benturan. Nah, mulai sekarang,  sudah tahu kan efek negarif dari meletakan  helm di atas tangka  motor. Ayo ubah kebiasaan itu!  Ikat di di jok motor, atau lebih baik lagi jika menyimpannya di dalam tas helm yang bisa Anda tenteng dan simpan ditempat yang tidak terpapar matahari langsung.

 

comments

`