caption trialgame

Sanksi Tilang Uji Emisi Ditunda, Saatnya Perhatikan Ruang Bakar Motor!

Tuesday, 16 November 2021

Sanksi Tilang Uji Emisi Ditunda, Saatnya Perhatikan Ruang Bakar Motor!


Pemerintah DKI Jakarta menyatakan penerapan sanksi tilang untuk pengendara yang mengemudikan kendaraan belum lulus uji emisi ulang ditunda hingga 2022. Tadinya penerapan tilang dijadwalkan pada 13 November, namun diundur karena partisipasi masyarakat minim.  Jumlah kendaraan yang sudah diuji emisi baru sekitar 10 persen dari total kendaraan yang beredar di Jakarta saja, hal ni yang kemudian melandasi ditundanya sanksi tilang.

Memang untuk sementara waktu motor trail Anda aman dari sanksi tilang, namun bukan berarti menganggap sepele hal ini ya. Nah agar hasi emisi gas buang menjadi rendah, tentu diperlukan perawatan pada ruang pembakaran ya.

Ruang pembakaran merupakan bagian penting dari mesin sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM). Pada ruang pembakaran terjadi pembakaran bahan bakar dan udara di kepala silinder. Proses pembakaran menghasilkan energi yang menggerakkan mesin, sehingga perlu diperhatikan agar ruang pembakaran selalu berada dalam kondisi baik.

Jika proses pembakaran tidak sempurna maka dapat mempengaruhi tenaga motor yang dihasilkan tidak optimal. Karenanya Anda perlu memperhatikan berbagai indikasi masalah pada ruang bakar motor serta perawatannya. Selain itu, gunakan produk yang tepat untuk membersihkan sisa karbon pada ruang bakar sehingga turut menjaga performa mesin motor ya.

Lalu gejala apa saja sih yang bias terjadi jika memang ada masalah pada ruang bakar motor trail Anda?  Yang pertama tentu adalah performa mesin motor menurun karena penumpukan karbon pada ruang bakar sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna.

Kemudian biasanya diikuti oleh konsumsi BBM yang menjadi lebih boros. Hal ini disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna karena adanya endapan karbon yang menjadi api pada saat proses pembakaran sehingga menyebabkan adanya bahan bakar yang terbuang secara sia-sia.

Nah temperatur mesin akan menjadi lebih tinggi karena adanya endapan karbon pada ruang bakar yang ikut terbakar dan dapat menyebabkan pre-ignition sehingga temperatur mesin lebih cepat meningkat. Demikian juga dengan kepala busi, akan  menghitam akibat karbon sudah menumpuk dalam ruang bakar dan untuk efek jangka panjangnya akan menyebabkan busi cepat mati. Dan adanya sisa karbon yang menumpuk pada lubang knalpot yang berasal dari residu karbon pada ruang bakar dan terbawa keluar melalui saluran gas buang.

Bila kondisi karbon pada ruang bakar sudah cukup parah dapat menyebabkan loss kompresi (mogok). Banyaknya endapan karbon yang menumpuk pada ruang bakar akan membuat intake valve ataupun exhaust valve tidak dapat menutup dengan rapat, dan dapat menyebabkan hilangnya kompresi pada ruang bakar. Nah yang terakhir adalah keluarnya asap hitam dari knalpot saat melakukan akselerasi pada rpm tinggi karena tumpukan karbon yang berasal dari ruang bakar ikut keluar melalui saluran gas buang.

Hal-hal di atas bakal menjamin, jika motor trail Anda mengikuti uji emisi, sudah pasti akan gagal melewatinya. Untuk itu perlu dilakukan perawatan ruang bakar motor ya. Apa saja yang bisa Anda lakukan? Gunakan bahan bakar dan oli sesuai anjuran dari pabrikan, lakukan service rutin secara berkala dan jika perlu,  gunakan produk carbon cleaner yang direkomendasikan untuk membersihkan dan melindungi ruang bakar dari endapan karbon sisa pembakaran.

comments

`