caption trialgame

Seluk Beluk Panaskan Mesin Motor Trail!

Wednesday, 10 November 2021

Seluk Beluk Panaskan Mesin Motor Trail!


Sudah jadi kebiasaan pemilik motor trail ketika ingin beraktivitas umumnya akan memanaskan mesin kendaraan. Namun pertanyaannya, masih perlukah ritual ini dilakukan pada motor trail berpengabut injeksi bahan bakar? Seperti kita ketahui, motor jenis tersebut lebih mudah dihidupkan karena seluruh sistem diatur oleh ECU (Electronic Control Unit) dan injektor.

Pada dasarnya sistem pengabutan injeksi adalah mencampur oksigen dengan bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar. Besaran atau debit BBM akan diatur secara elektronik sehingga lebih optimal ketimbang motor karburator.

Meski lebih canggih, ternyata motor berpengabut injeksi masih perlu dipanaskan lho. Terutama saat pagi hari atau berada di kondisi lingkungan dingin.Fungsi memanaskan mesin motor ini banyak, untuk komponen-komponen agar mengembang kemudian celahnya menyempit, lebih presisi, dan kompresi menjadi ideal. Saat pagi hari umumnya komponen dalam mesin termasuk pelumasan atau oli tidak dalam performa terbaik. Selain itu memanaskan mesin motor juga menghindari pengembunan, sebab jika hal itu terjadi campuran bahan bakar dan oksigen menjadi tak maksimal.

Terkait durasi memanaskan motor injeksi, ternyata minimal waktunya adalah 1 menit. Rentang waktu tersebut dijelaskan cukup untuk membuat komponen dalam mesin menjadi presisi dan pencampuran antara oksigen serta bahan bakar sudah ideal. Di suhu tropis seperti Indonesia 1 menit memanaskan motor sudah cukup.

Perlu dicatat, jangan memanaskan motor terlalu lama dan memposisikannya di ruang tertutup, misalnya di dalam teras, atau garasi. Sebab motor yang baru saja dipanaskan secara kandungan atau campuran bahan bakarnya masih kaya yang otomatis emisi gas buangnya tergolong tinggi. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan dalam tubuh manusia.

Oh iya hindari juga memanaskan motor dengan cara membuka kemudian menutup tuas gas atau istila digeber-geber. Ketika melakukan hal ini,putaran mesin tinggi berpotensi membuat komponen piston macet. Ketika geber-geber, tumbukan antara dinding silinder dengan silinder piston akan menjadi keras. Kemudian potensi klep rusak atau loncat juga bisa terjadi karena tidak ada beban. Nah jadi idealnya ketia  Anda ingin memanaskan mesin motor hal yang paling baik adalah mendiamkannya secara langsam atau dalam posisi idle mesin selama 1 menit ya.

comments

`