caption trialgame

Seluk Beluk Visor Helm Supermoto

Saturday, 8 February 2020

Helm motor trail atau motor cross biasanya tidak menggunakan visor, tapi helm supermoto sebagian besar menggunakan visor sebagai pelindung mata dari angin maupun debu. Visor pada helm ada berbagai macam. Salah satunya dari warnanya, ada yang bening, ada yang berwarna iridium (pelangi) dan ada juga yang smoke. Lalu apa saja sih perbedaanya ?

Visor yang paling sering ditemui adalah visor berwarna bening. Bahkan, kebanyakan visor standar helm adalah bening. Namun, ada juga beberapa yang berwarna iridium ataupun smoke. Entah itu memang bawaan atau karena produk aftermarket.

Kelebihan yang utama adalah tampilan. Bila menggunakan visor bening terlihat biasa karena penggunanya yang sangat banyak. Dengan menggunakan visor ini memang terlihat agak sedikit berbeda dengan lainnya.Penampilan menggunakan visor smoke atau iridium membuat penggunanya terlihat keren. Sebab, wajah dari pengguna visor ini akan sedikit tertutupi. Bahkan bisa sama sekali tidak terlihat apabila visor smoke atau iridium nya memiliki intensitas warna 90 – 100%.

Kelebihan dan Kekurangan Visor Iridum atau Smoke lainnya adalah tidak panas saat digunakan pada pagi – siang hari. Apalagi jika helm yang Anda gunakan tidak memiliki fitur dual visor. Tentu sangat menyiksa menggunakan helm yang tidak memiliki dual visor di pagi atau siang hari. Dengan visor smoke atau iridium paparan sinar matahari bisa disaring sehingga tidak membuat mata silau. Bagi yang gemar touring jauh, hal ini akan amat sangat bermanfaat.

Kelebihan lainnya adalah membuat helm sedikiti “adem”. Hal ini dikarenakan sinar matahari yang masuk tidak terlalu banyak. Kemudian panas dari matahari tidak masuk semua dan membuat kondisi dalam helm sedikit adem.

Lalu apa kekurangan visor dark smoke atau kekurangan visor iridium ?Yang pertama adalah pada penurun visabilitas pada beberapa kondisi. Salah satunya saat malam hari dan dalam kondisi hujan.Biasanya visor iridium dam dark smoke akan berwarna lebih gelap. Jadi sinar yang masuk akan sangat terbatas. Nah, apabila digunakan dalam kondisi gelap, misalnya pada malam hari atau saat hujan pandangan akan tidak terlalu jelas.

Tentu saja ini cukup berbahaya karena kita tidak bisa melihat objek yang ada di depan kita secara jelas. Lalu bagaimana solusinya agar tetap bisa pakai visor dark smoke atau iridium saat malam hari atau hujan ? Gunakan visor tersebut yang itensitas warnanya agak rendah. Misalnya 50%, 75% atau bahkan yang 25%. Memang secara tampilan tidak sekeren 90-100%, tetapi untuk kenyamanan dan keamanan lebih direkomendasikan.

Oh iya visor iridium dan smoke juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan visor bening. Jadi amankah menggunakan visor iridium atau darkm smoke untuk berkendara harian ? Semua tergantung pada kebutuhan juga sih, jika Anda sering berkendara saat terang dan tidak memiliki helm doble visor tidak masalah menggunakan visor ini.Namun, apabila jika sering berkendara pada malam hari atau sering bertemu kondisi hujan kurang direkomendasikan.

comments

`