caption trialgame

Sempatkan Abadikan Momen Saat Mudik!

Tuesday, 26 April 2022

Sempatkan Abadikan Momen Saat Mudik!


Salah satu kelebihan yang didapat saat menggunakan motor trail untuk pulang kampung ketika mudik lebaran tiba adala dapat mengabadikan momen perjalanan yang terkadang menjadi sebuah kepuasan tersendiri bagi pecinta motor.  Tidak jarang juga sih, ketika berkendara menuju kampung halaman hanya fokus untuk sampai ditujan hingga terkadang melupakan asyikanya perjalanannnya hinga tidak membuat satu dokumentasi pun. Melalui artikel ini, kami akan coba berikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar momen dokumentasi saat mudik menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan yang tak lekang jaman.

Tujuan dari fotografi biasanya berkutat pada dua hal, yaitu subjek dan cerita. Jika subjeknya adalah  motor trail Anda, maka yang dibutuhkan pada gambar tersebut adalah detailing bagian-bagian sepeda motor. Kemudian ambil foto dengan angle close up, dari sisi kiri, kanan, atas, diagonal dan eye level. Sementara soal bercerita, yang perlu diambil adalah motor dengan suasana, bukan lagi detailing. Jadi, perlu adanya pengambilan gambar yang bercerita, bagaimana mengenai kenyamanan motor trail yang digunakan dan di mana ketika digunakan . Sebagai perbandingan, dalam sebuah gambar perlu ada 20 persen objek dan 80 persen pemandangan.

Pengambilan gambar yang baik membutuhkan riset dan referensi yang banyak, serta banyak menonton video tutorial fotografi. Dengan banyak keterampilan yang digali, karakter setiap fotografer bisa muncul dengan sendirinya. Itulah yang membedakan foto dari banyak fotografer di luar sana.

Untuk pengambilan gambar luar ruangan, Anda perlu mengulik kamera untuk menemukan speed dan ISO yang tepat untuk setiap situasi. Bahkan di malam hari dengan cahaya redup, jika terus bermain dengan speed dan ISO, Anda dapat menghasilkan gambar yang bagus. Tapi jangan khawatir tidak perlu menggunakan kamera yang mahal dan canggih, dengan kamera standar saja sudah cukup. Yang penting ada kemauan untuk terus mencari referensi, berbagi pengalaman dengan teman, belajar dan banyak bertanya dapat menghasilkan karakter fotografi tersendiri yang tidak dimiliki orang lain.

Jika Anda memang berniat melakukan dokumentasi selama mudik ada berangkat sepagi mungkin agar mendapatkan pencahayaan terbaik, terutama jika ingin memotret pemandangan. Saat mengambil foto, carilah komposisi yang benar-benar bagus. Untuk fotografi outdoor saat berkendara, perlu menyatukan jalan, sepeda motor, dan latar belakang untuk membuat cerita yang bagus dari sebuah gambar. Nah sambil mudik, bisa hunting foto juga agar tambah berkesan pulang kampungnya ya.

comments

`