caption trialgame

Serba-Serbi Decal Motor Trail

Wednesday, 15 May 2019

Motor trail memang lazimnya dipasangi decal. Selain untuk membedakan dari motor trail yang lain, terkadang decal bisa menjadi bahan psy-war untuk mengintimidasi lawan atau mengalihkan perhatian mereka saat berlangsunnya lomba.

Nah ada sebuah mitos yang mengatakan jika ingin memasang decal untuk motor trail sebaiknya menggunakan bahan decal yang tebal agar tidak mudah rusak. Maklum saja, motor trail biasanya diajak untuk trabasan, sehingga ada kemungkinan jika menggunakan bahan decal yang tipis menjadi mudah rusak.

Nah, ternyata enggak perlu decal yang berbahan terlalu tebal buat motor trail. Karena bahan decal yang beredar saat ini kendati tipis juga tidak mudah robek atau tergores. Bahkan menurut beberapa pemiliki bengkel custom decal, bahan yang terlalu tebal malah merepotkan saat dipasang.Kalau dulu mungkin bahan masih banyak yang kurang kuat, tapi kalau sekarang yang lebih tipis dan mudah dibongkar-pasang juga masih oke untuk diajak adventure. Oh iya pilihan warna untuk berkreasi juga makin terbatas kalau bahan yang digunakan terlalu tebal. Jadi rasanya tebal tipis tidak terlalu masalah ya.

Lantas bagaimana dengan durabilitasnya? Bisa tahan sampai berapa tahunkah decal stiker ini di motor?  Maksimal decal itu bisa tahan 3 sampai 4 tahun kendati demikian sebaiknya sebelum 4 tahun Anda sudah mengganti atau mencopot decal yang menempel. Saran dari pabrikan pembuat decal, idealnya setiap dua tahun decal harus diganti. Sebab setelah dua tahun pasti bekas lem bakal tertinggal di bodi motor trail.

Lantas apa yang membedakan decal dengan stiker biasa? Decal sedikit lebih canggih dibanding stiker biasa karena sudah mengandalkan teknologi digital. Jadi sebelumnya desain terlebih dahulu dikonsep di komputer, lalu desain tersebut dicetak pada sebuah lembaran stiker putih dengan menggunakan mesin print. Jadi secara detail, dipastikan lebih presisi dibanding pemasangan stiker secara manual.

comments

`