caption trialgame

Shockbreaker Empuk Bukan Berarti Enak

Wednesday, 4 September 2019

Shockbreaker sejatinya dibuat untuk meredam getaran saat motor berjalan khususnya saat motor melintasi jalanan yang tidak rata. Sehingga saat menugganginya akan terasa lebih nyaman. Nah fungsi shockbreaker pada motor trail amat vital karena medan yang biasa dilintasi sudah pasti didominasi lintasan tidak rata.

Tapi seperti apa shockbreaker yang nyaman itu? Apa yang empuk? Beberapa orang memang menyukai shockberaker yang empuk alasannya lebih mantul saat melintasi jalanan yang tidak rata. Tapi ternyata, shockbreaker yang terlalu empuk itu malah membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

Tidak nyamanya seperti apa? Biasanya saat melewati gundukan tanah atau jalan tidak rata maka tubuh Anda akan terasa terlempar ke atas dan seolah dipantul-pantulkan, sudah pasti hal ini akan menjadi tidak nyaman jika terjadi di sepanjang perjalanan bukan?

Ternyata shockbreaker yang terlalu empuk bisa disebakan karena adanya kerusakan pada komponen shockbreaker itu sendiri. Shockbreaker sendiri terdiri dari dua bagian yaitu per dan shocks absorber Seperti yang umum diketahui, per itu logam yang berputar-putar/melilit pada komponen shockbreaker. Per ini yang berfungsi sebagai menyerap getaran.

Sementara shock absorber adalah tabung hidrolik yang terletak didalam per. Fungsinya untuk menahan kejutan pergerakan per, jadi meski per mengalami tekanan pergerakan per tidak terlalu mengejutkan. Sehingga tidak sampai mementalkan penumpang motor.

Jika shock absorbernya rusak, alias tidak lagi dapat berfungsi otomatis per bergerak tanpa ada yang menahan. Sehingga pergerakan per lebih spontan. Kerusakan yang umumnya terjadi pada shock absorber adalah kebocoran cairan hidrolik. Orang-orang menyebutnya kebocoran oli shock. Oli atau cairan hidrolik tersebut digunakan sebagai penahan pergerakan per, jadi kalau olinya bocor, otomatis shock absorber tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Untuk solusinya, Anda bisa saja menyuntikan oli shock ke shockbreaker motor Anda tapi Anda juga harus mengganti seal tabung ini. Alasannya, kalau sealnya masih bocor maka nanti olinya bakal bocor juga. Kebocoran oli shock, bisa Anda amati dengan melihat area tabung shockabsorber. Biasanya agak lembab dan tidak jarang ditemui debu basah yang menempel.

Image credit :dirtbikenews.ca

comments

`