caption trialgame

SOLUSI NYALAIN MESIN PAS AKI SOAK!

Wednesday, 16 November 2022

Solusi Darurat Nyalakan Mesin Saat Aki Soak


Banyak kisah suka duka dialami pengguna motor trail harian. Mulai dari hal sepele seperti motor mogok atau hal-hal lain yang bisa bikin Anda tersenyum sendiri saat mengingatnya. Nah motor bisa mengalami masalah kapan saja, apalagi bila jarang dirawat. Salah satu masalah umum yang biasanya terjadi adalah motor trail susah di hidupkan karena aki yang tekor atau soak.

Ada satu cara yang bisa Anda lakukan sebelum membawanya ke bengkel, yaitu dengan mendorongnya. Tapi tentu ada tips dan trik cara mendorong motor agar bisa kembali hidup. Bukan asal dorong dan tiba-tiba mesin langsung nyala.

Sebelum mendorong motor trail Anda yang mogok, periksa kembali masalah lain yang ada dan tidak bisa diselesaikan dengan hanya mendorong motornya saja. Tentu kalau asal mendorong akan buang-buang tenaga dan waktu. Contohnya jika bahan bakar pada motor ternyata habis, di dorong  keliling jakarta juga gak bakalan hidup mesinya. Jadi periksa setiap masalah. Nah kalau masalahnya karena aki yang tekor, Anda bisa mencoba dengan cara dibawah ini ya.,

Pastikan motor Anda dalam kondisi perseneling netral ya dalam posisi netral. Ini bisa diketahui dengan mendorongnya ke arah depan. Dengan posisi netral, motor bisa digerakkan ke depan tanpa harus menekan kopling. Setelah itu pastikan Anda memasukan gigi 1 atau 2 dan tekan kopling, kemudian dorong sepeda motor. Kecepatan minimal yang harus Anda dapatkan adalah 8 km/jam untuk menghidupkan mesin motor. Untuk itu perlu jalan yang sedikit panjang agar tidak ada penghalang. Sesuaikan ruang di kiri-kanan untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba kehilangan kendali ketika mesin sepeda motor sudah menyala.

Kecepatan mendorong bisa didapatkan dengan mudah jika kebetulan kontur jalannya menurun. Anda bisa langsung menaikinya. Berhati-hatilah ketika menjalankan sepeda motor di jalanan seperti ini. Jangan sampai kehilangan kendali yang memicu motor terguling.

Setelah mendapatkan laju dengan kecepatan yang cukup untuk menyalakan sepeda motor, lepaskan kopling. Tambahan gas sedikit demi sedikit, setelah itu sepeda motor akan menyala, tekan kembali kopling agar motor tidak hilang kendali dan meloncat ke depan. Pertahankan mesin yang menyala dan usahakan agar motor tidak mati kembali dengan menekan kopling dan gas agar RPM naik. Dengan terus memutar gas sepeda motor, aki akan ikutan terisi.

Jika aki motor habis, gunakan motor untuk berkeliling atau memelintir tuas gasnya untuk mengecas aki agar tidak perlu mendorongnya lagi. Bila diperlukan, segera cari bengkel terdekat untuk melihat kondisi motor secara menyeluruh.

comments

`