caption trialgame

Speedometer Terendam Banjir Bisa Diperbaiki Lho

Wednesday, 15 January 2020

Buat yang terkena dampak bencana banjir, mungkin pernah merasakan jika urusan bersih-bersih dan beberes seolah tidak pernah selesai. Usai membersihkan beragam perabot dan interior rumah yang terendam banjir, setelah itu baru mengurusi hal lain seperti kendaraan yang terendam.

Nah bagi yang beruntung, mungkin motor trail yang tersimpan digarasi hanya terendam sebagian saja, namun banyak juga yang terendem secara keseluruhan. Bahkan ada sebuah bengkel modifikasi motor trail di daerah Kemang, Jakarta Selatan, yang terendam total. Beberapa motor yang sedang mengalami proses modifikasi menjadi korban serangan air bah yang tiba-tiba.

Nah utamanya, setelah banjir adalah memperhatikan bagian mesin, serta filter udara baru beralih ke komponen lainnya. Dan biasanya komponen speedometer sering luput dari perhatian. Komponen ini juga rentan mengalami kerusakan lho jika terendam air. Jika Anda biarkan terlalu lama, bisa-bisa pcb yang berada di dalam speedometer menjadi berkarat dan rusak.

Ternyata speedometer motor yang rusak akibat terkena air saat motor terendam banjir bisa diservis lho. Asal Anda tidak terlalu lama membiarkan motor tersebut ya. Lalu berapa biaya yang harus disiapkan untuk servis speedometer yang kemasukan air? Jawaban paling klise yang bakal terlontar dari bengkel-bengkel adalah biaya perbaikan tergantung kerusakannya.

Dan memang tingkat kerusakan speedometer beragam mulai dari mati total, LCD tidak terbaca hingga mika pecah, tapi tenang, kesemuanya bisa diperbaiki. Untuk biaya jasa sendiri biasanya adalah 150 ribu diluar biaya pembelian komponen rusak.

Biasanya proses pengerjaan dimulai dengan membongkar panel instrumen agar bisa dibersihkan dari air dan endapan kotoran yang masuk.Mulai dari panel instrumen analog, semi digital dan full digital diklaim bisa dibersihkan dan diperbaiki kalau kemasukan air.

Supaya panel instrumen tidak mudah masuk air meski sudah dibongkar, biasanya bengkel menggunakan lem khusus agar sambungannya merekat kuat.Selain lebih kuat, efeknya akan terlihat sedikit mengkilap dan dijamin lebih tahan air daripada lem bawaan pabrik.

Nah buat Anda yang motor trailnya terendam, apalagi jika motor trail baru yang sudah menggunakan speedometer digital, kami sarankan untuk segera melakukan pengecekan ya. Daripada harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli speedometer baru, siapa tahu masih bisa diperbaiki.

comments

`