caption trialgame

Suka Duka Supermoto di Musim Hujan!

Thursday, 25 February 2021

Suka Duka Supermoto di Musim Hujan!


Pilihan motor trail di Indonesia semakin banyak. Namun, sedikit kurang cocok jika digunakan untuk harian. Maka itu, banyak yang berpaling ke gaya supermoto. Sebab, ban semi off road juga kurang mencengkram saat digunakan di aspal. Dengan gaya supermoto, ban yang diandalkan lebih cocok untuk aspal..

Banyak keuntungan saat orang menggunakan supermoto, kalau dipakai di jalan raya sudah tidak ada rasa khawatir kena lubang dan jalan gelombang. Tahu sendiri di Indonesia jalanan seperti apa, bahkan di Jakarta pun jalanan rusak masih mudah ditemui.

Posturnya tinggi, membuat para pengendaranya tidak perlu khawatir terperosok lubang atau menembus banjir. Maklum saja  Dengan basis motor trail, maka jarak terendah ke tanah ( ground clearance) lebih tinggi. Posisi knalpot pun juga lebih tinggi, sehingga tidak terlalu khawatir kemasukan air saat menerobos banjir. Dan urusan tenaga tidak usah dirakugan karena biasanya supermoto memiliki basis motor trail yang sudah memiliki torsi cukup besar seperti  Kawasaki KLX150L dan KLX150BF, Yamaha WR 155 R dan Honda CRF150L jaraknya 285 mm.

Meski demikian , supermoto juga memiliki kelemahannya yaitu harus  tahan cipratan. Karena supermoto merupakan motor adaptasi dari motor trail buat jalan aspal, sepatbor supermoto sedikit banyak masih bergaya motor buat garuk tanah.  Kondisi ini membuat sepatbor kurang bisa menahan ciptaran air atau lumpur di jalan. Sehingga pengendara rentan kotor jika melewati jalanan becek.

Kalau hujan turun cipratannya bisa mulai dari punggung sampai kepala. Bagian depan pun tidak aman dari cipratan tangan, dada, dan bagian kaki, sepatu bisa kotor semua terkena cipratan.  Memakai sepatbor belakang cukup membantu untuk menahan cipratan bagian punggung, tapi untuk sepatbor depan sama saja tetap nyiprat ke kaki.

Lalu bagaiman solusinya ? sebaiknya jika musim hujan pintar pintar lah mengatur waktu perjalanan Anda.  Jika memang hujan dan tidak mau kena cipratan, Anda bisa menunggu atau menunda perjalana sampai hujan reda. Tapi tentu  paling aman dengan menggunakan  jas hujan. Mau nyiprat seperti apa aman karena cipratannya bakal kena ke jas hujan. Sepatu juga pakai sarung sepatu. Oh iya karena supermoto tidak punya bagasi, ada baiknya saat musim hujan menyediakan  tas belakang kecil untuk menaruh barang-barang termasuk jas hujan.

comments

`