caption trialgame

Supemoto Pake Motor Trail Lokal ? Gak Masalah Bro!

Friday, 17 January 2020

Berbicara mengenai motor supermoto, biasanya para pemiliknya menggunakan beragam jenis motor trail atau dualsport yang telah mengalami beragam perubahan. Maklum saja supermoto adalah suatu jenis balapan yang mengkombinasikan road race dan motocross. Sirkuit yang digunakannya sendiri merupakan kombinasi dari 70% Aspal dan 30% sisanya off road.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada dua jenis motor trail saja lho yang paling digemari oleh para pemilik supermoto tanah air? Kawasaki KLX dan Suzuki TS adalah jenis motor trail yang paling banyak menjadi pilihan utama untuk dirubah menjadi tunggangan supermoto. Tapi ternyata ada beberapa pilihan motor trail lokal lho yang cukup handal jika dimodifikasi menjadi supermoto. Apa saja itu? Penasaran kan ?

Viar merupakan brand lokal yang paling banyak digunakan oleh para penggila motor trail. nah tidak heran jika kemudian ada beberapa modifikasi Viar yang menganut paham supermoto. Tipe yang asik untuk diulik menjadi motor trail adalah Viar Cross X 250.

Ada tiga tipe untuk yaitu Viar Cross X 250ES, Viar Cross X 250EC dan Viar Cross X 250SF dan kesemuanya menggunakan menggunakan mesin yang cukup powerful dari basis mesin Zongshen NC250. Performanya mesin cukup lumayan, dan bisa bersaing dengan merk-merk produksi luar negeri dan memiliki harga yang lebih murah.

Yang membedakan dari ketiga jenis motor trail viar adalah jenis bahan frame dan swing arm yang digunakan, ada yang menggunakan full alumunium sehingga lebih ringan, ada yang hanya menggunakan rangka besi baja biasa. Performa dan bobot kesemuanya pun nyaris tidak memiliki perbedaan, hanya desainnya saja yang sedikit berbeda.

Nah ada satu motor trail lokal lagi yang juga menggunakan mesin Zongshen NC250 sebagai penggeraknya yaitu GazGas. Jangan tertukar ya pabrikan GazGas dengan Gas Gas. Yang pertama adalah pabrikan lokal, sementara yang kedua adalah pabrikan asal Spanyol. GazGas memiliki dua jenis motor trali 250cc yang bisa dirubah menjadi supermoto handal yaitu Gazgas GE250 GZ1 dan Gazgas GE250 GZ2.

Bedanya adalah Gazgas GE 250 GZ1 diracik menggunakan frame full aluminium dan suspensi buatan Fastace. Sementara Gazgas GE 250 GZ2 tergolong sebagai versi upgrade atau special edition dari Gazgas GE 250 GZ1. Basis rangka, mesin, suspensi, dan desain sama persis,namun triple clamps Gazgas GE 250 GZ2 menggunakan CNC dan sejumlah printilan lainnya yang tentu lebih baik daripada Gazgas GE 250 GZ1.

Perlu diingat bahwa modifikasi supermoto memerlukan perubahan pada ukuran ban dan biasanya setelah mengalami penggantian ban dengan spesifikasi yang lebar, performa mesin menjadi sedikit menurut akibat bobot tambahan dari ban dan velg yang lebih berat. Jadi jangan lupa mengkalkulasikan faktor ini juga ya.

comments

`