caption trialgame

Suspensi Impian Penggemar Motor Trail

Wednesday, 11 September 2019

Penggemar otomotif, khususnya roda tentu tidak asing dengan suspensi merk Ohnlins. Shockreaker pabrikan Swedia ini seolah menjadi benchmark bagi sistem suspensi dan kerap menjadi impian bagi para pengendara motor untuk menggunakannya. Padahal harga yang ditawarkannya terhitung mahal namun ternyata penjualannya di tanah air cukup laris juga. Suspensi ini dikenal sebagai salah satu shockbreaker tangguh, sehingga banyak tim-tim balap besar dunia mempercayakannya suspensi motor mereka pada Ohlins.

Nah khusus untuk motor trail, Ohlins memiliki juga memiliki suspensi yang didesain untuk kenyamanan dan keamanan berkendara, terutama pada lintasan offroad. Di setiap set suspensi motor trail Ohlins dilengkapi dengan 2 set tambahan spring yang memiliki tingkat kelembutan berbeda.

Selain itu terdapat 3 titik setingan untuk merubah kompresi, spring preload, dan rebound sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk panjang shock adalah 326 mm +/- 5mm yang artinya shock dapat dirubah dengan panjang maksimal 331 mm dan minimal 321 mm.

Salah keunggulan lainnya yaitu tidak mudah panas. Shock breaker lain akan mulai terasa keras jika lama digunakan, apalagi dalam cuaca panas. Hali in karena panas dalam shock mengakibatkan suhu pelumas di dalamnya ikut menjadi naik dan menyebabkan kinerjanya menjadi tidak optimal.

Untuk cara setting juga tidak memiliki perbedaan dengan suspensi lain, yaitu harus mengukur preload dulu. Untuk mencari preload (ketika per dapat tekanan) yang benar adalah dengan cara mengukur bobot pengemudi beserta barang yang digunakannya. Jadi bobot pengendara dengan perlengkapan full naik ke motor, nanti diukur, nanti dicari free sug (bobot motor ketika digantung dengan standar dua, lalu diturunkan)-nya dan itu yang menjadi patokan.

Setelah itu cari kompresi (ketika shockbreaker menekan) dan rebound (ketika kembali dari penekanan) nya untuk shockbreaker depan dan belakang,. untuk penggunaan pada medan offroad, free sug-nya lebih tinggi, karena tidak selalu rata kondisi lintasannya.

Sementara itu di dunia suspensi juga dikenal istilah low speed dan high speed suspension. Untuk fungsinya sendiri, high speed itu kebanyakan dipergunakan di shock motor trail. Sementara Kalau low speed diperuntukan untuk jalan raya atau penggunaan sehari-hari. Nah apakah suspensi ini termasuk suspensi impian Anda?

Image credit :dirtbikemagazine.ca

comments

`