caption trialgame

Takaran Harus Pas Saat Ganti Oli

Thursday, 2 March 2023

Takaran Harus Pas Saat Ganti Oli


Pelumas atau oli mesin menjadi salah satu cairan yang wajib diperhatikan oleh para pemilik motor trail dan harus diganti secara rutin. Setiap penggantian oli memang berbeda beda waktunya, jika Anda menggunakan motor trail secara harian sudah pasti ada jarak atau durasi tertentu yang harus ditempuh sebelum mengganti oli baru. Dan jika Anda menggunakan motor trail untuk kegiatan trabasan, maka idealnya sebelum trabasan sudah harus menggunakan oli baru, agar tarikan mesin menjadi lebih enteng. Maklum saja saat trabsan biasanya mesin bakal disiksa dua kali lebih berat ketimbang digunakan untuk kegiatan harian.

Setiap motor trail memiliki takaran oli yang berbeda, dan sebaiknya Anda mengikuti anjuran dari pabrikan untuk mengganti oli sesuai dengan takaran yang sudah diberikan. Dan  tahukah Anda, jika mengisi oli mesin berlebihan bisa membuat mesin motor trail cepat rusak lho. 

Banyak yang mengira jumlah oli yang banyak akan membuat kinerja oli sebagai pelumas mesin akan semakin bagus dan awet. Ternyata salah besar. Faktanya, kelebihan oli malah akan berdampak pada penurunan kualitas. Pasalnya, saat mesin bekerja akan menimbulkan gelembung- gelembung pada genangan oli, lalu bertabrakan dengan weight balance.Dalam takaran normal, seharusnya oli hanya untuk melapisi mesin, tidak perlu menggenangi. Jika oli menggenangi mesin, oli justru akan mudah keruh dan membuat kualitasnya menurun.

Fungsi utama oli adalah melumasi mesin sehingga kinerja menjadi ringan karena minim gesekan. Namun, jika oli berlebihan justru akan menghambat kinerja mesin.Karakter oli yang memiliki kekentalan yang konsisten dan dalan volume berlebih justru akan menimbulkan hambatan pada mesin. Dengan demikian, kinerja mesin justru akan terasa berat.

Tidak heran jika takaran oli yang berlebihan akan membuat performa motorytsil  Anda menjadi melempem. Jadi, mulai sekarang hindari kelebihan oli pada motor ya agar tidak membuat motor trail kesayangan Anda mengalami kerusakan.

Dengan demikian kelebihan oli pada motor memang memberikan dampak negatif. Oleh karena itu, hindari hal tersebut terjadi jika tidak ingin kendaraan mengalami penurunan performaJadi saat melakukan penggantian, perhatikan jumlah takaran oli untuk setiap jenis motor.

 

comments

`