caption trialgame

Teknik Menikung Motor Trail Dual Sport

Tuesday, 28 January 2020

Mengendarai motor trail dual sport memerlukan ketrampilan khusus, salah satunya adalah keterampilan menggunakan kopling baik saat melaju, memperlambat laju, maupun saat pengereman. Nah untuk yang terakhir ini pengendara motor trail dual sport kerap kali melakukan kesalahan saat melakukan pengereman ketika hendak melibas tikungan.

Mulai dari kurangnya kewaspadaan dengan lingkungan sekitar ketika berbelok, hingga teknik dasar pengereman dengan menarik kopling terlebih dahulu baru kemudian rem.Apabila menikung pada persimpangan, Anda harus waspada dengan sekeliling, kemudian lihat titik yang akan dituju. Misalnya belok ke kiri maka harus lihat titik atau spot yang hendak dituju.

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan adalah teknik pengeremannya.Kebanyakan pengendara motor trail dual sport salah ketika memperlambat laju dengan menarik rem dan kopling bersama-sama, yang ada justru membuat motor semakin ngeloyor. Apalagi motor trail dual sport biasanya memiliki cc mesin yang cukup besar, minimal 125cc, dan ini akan beresiko jika terjadi salah perhitungan.

Ilustrasinya misalnya jika ingin menikung dan saat itu kecepetan motor trail dual sport Anda adalah 60 km/per jam dengan posisi gigi 4, maka jarak aman untuk melakukan pengereman adalah 10 meter sebelum masuk tikungan. Tapi ingat jangan melakukan pengereman sambil menarik kopling ya, karena kebanyakan jatuh itu karena motornya ngeloyor, pakai rem depan dan belakang bersamaan dan lepas gas, setelah itu motor ditikungkan, baru pindah gigi ke rendah dan gas lagi.

Pastikan untuk selalu gunakan rem untuk memperlambat kelajuan motor, karena fungsi rem terutama untuk memperlambat laju bukan untuk menghentikan motor. Hindari penggunaan engine brake secara mendadak karena dapat membahayakan pengendara juga memperpendek umur rantai (gear set).

Terakhir dari sisi posisi berkendara, kemiringan saat menikung juga perlu diperhatikan agar motor tetap stabil dan terkendali. Kalau kemiringan badan saat menikung, antara motor dan orang itu harus sama, motornya ke kiri orangnya ke kiri itu bicara safety riding ya, beda kalau balap atau off road beda lagi, ini untuk sehari-hari. Nah buat Anda yang biasa mengendarai motor trail dual sport untu kegiatan sehari-hari, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

comments

`