caption trialgame

Teknik Minimalisir Cedera Akibat Terjatuh

Tuesday, 21 July 2020

Teknik Minimalisir Cedera Akibat Terjatuh  


Akhir pekan lalu lomba MotoGP kembali dimulai di Sirkuit Jerez Spanyol. Fabio Quartararo berhasil menjadi juara di ajang itu, namun salah satu berita lain yang menyita banyak perhatian adalah kecelakaan yang dialami oleh Marc Marquez. Juara 8 kali MotoGP asal Spanyol ini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan patah tangan.

Jika melihat video saat terjadinya kecelakaan, terlihat dengan jelas betapa pengalaman serta alat pengaman yang memadai bisa menghindarkan pebalap dari cedera serius. Hal ini berlaku juga saat mengendrarai motor trail. Nah karena resiko jatuh bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, tentu harus mempersiapkan mental serta keadaan jika harus mengalami kecelakaan di atas motor trail saat berpetualang.

Jika anda terjatuh, terkadang adrenaline bisa menyebabkan Anda tidak menyadari sakit yang diderita akibat jatuh. Anda langsung melompat menaiki motor tanpa menyadari bahwa hal itu bisa memperparah cedera atau luka. Nah sebaiknya, Anda harus mengetahui beberapa hal sebelum memutuskan untuk melanjutkan menunggangi motor atau meminta bantuan medis.

Terkadang, kecelakaan yang terjadi bisa menimbulkan efek cedera serius. Kembali menaiki motor adalah hal terakhir yang terlintas di pikiran. Insting pertama saat terjadi kecelakaan adalah membuka helm. Ingat, jika anda merasakan terjadinya cedera di bagian kepala, lehar atau punggung, sebaiknya tidak melepas helm sampai petugas medis datang.  Memang sebagian besar helm saat ini sudah dilengkapi dengan sebuah sistem untuk segera membuka helm saat terjadinya kecelakaan namun jika tidak melakukannya secara perlahan, hal ini bisa membuat terjadinya cedera lanjutan pada tulang belakang.

Ketika menekuni dunia motor trail, rasa sakit seolah menjadi teman yang selalu siap menemani. Satu hal yang harus diingat saat terlibat dalam sebuah kecelakaan segera gunakan semua kesadaran anda untuk mengetahui kondisi sekitar tempat jatuh.  Apakah harus segera menyingkir, atau menunggu pertolongan? Apakah rasa sakit yang anda rasakan hanya sementara atau bisa mengganggu performa? Kenali batas diri Anda, jangan paksakan untuk tetap melanjutkannya. Tetapi Jika   Anda tidak terjatuh pada kepala, serta bisa segera berdiri dan tidak merasakan ada yang sakit pada tubuh, rasanya tidak ada salahnya untuk melanjutkan petualangan Anda.

comments

`