caption trialgame

Teknik Unik Modifikasi Motor Trail

Thursday, 2 July 2020

Teknik Unik Modifikasi Motor Trail


Motor Honda NX650 merupakan salah satu produk semi trail Honda yang sangat populer pada tahun 1990-an. Akhir-akhir ini, popularitas motor yang dirilis pertama kali pada tahun 1991 kembali menanjak karena sering menjadi bahan untuk modifikasi.

Teknik dan teknologi dalam membangun atau memodifikasi motor terus berkembang. Namun sebuah teknik modifikasi baru diperkenalkan oleh bengkel motor Vagabund Moto asal Austria. Bengkel modifikasi yang digawangi oleh . Paul Brauchart dan Pilipp Rabl menggunakan teknik cetak 3D atau print 3-D untuk memodifikasi Honda NX650.

Vagabund Moto menggunakan teknologi 3D Printing untuk menghasilkan potongan-potongan presisi dalam membangun motor trail dari basis Honda NX650.Alasan Vagabund Motor menggunakan 3D printing, karena ingin membuat motor dengan tampilan minimalis, namun berfungsi sepenuhnya untuk melibas medan-medan offroad.Material yang mereka gunakan dalam proses pencetakan ini adalah Nylon PA12, yang diklaim punya ketahanan luar biasa untuk material 3D printing.

Hampir semua bagian Honda NX650 mendapat ubahan. Bagian rangkanya dipotong menjadi lebih pendek sehingga buntutnya bisa dibentuk menjadi lancip dan enteng. Bagian bodywork dan tangki diganti dengan model custom mengikuti frame bodi yang ramping sehingga lebih menyatu.

Tambahan komponen lain juga diambil dari aftermarket mulai dari penutup filter udara, braket lampu indikator, dan rumah sakelar stang yang mendukung desain lancip dan minimalis ala Vagabund yang terkenal dengan suntikan modifikasi yang out of the box.

Beberapa hal yang menonjol adalah tambahan tempat pengisian bensin cadangan seperti jerigen pada bagian belakang motor dan penggunaan pencahayaan LED hampir di semua bagian. Mulai lampu utama, lampu sein dan lampu ekor.

Dari segi performa, ubahan yang dilakukan bisa dibilang tak banyak. Vagabund Moto hanya membuat sistem pembuangan baru yang lebih kuat dengan bahan stainless steel. Knalpot dibuat dengan model 2 into 1 dengan muffler Akrapovic yang dimodifikasi. Tapi, tidak semua komponennya dibuat dengan 3D printing. Ada juga komponen yang mengambil dari motor lain. Seperti sepatbor depan, diambil dari Husqvarna TC85.

Hasil akhir dari modifikasi ini cukup unik karena disamping menggunakan teknik serta bahan yang tidak biasa, tampilan Honda NX650 berubah drastis menjadi motor offroad yang super gahar. Tidak heran jika kemudian Vagabund mengaku banyak mendapatkan pesanan custom work setelah karya terakhir mereka.

 

comments

`