caption trialgame

Telisik Fitur Modern Motor Adventure!

Thursday, 5 August 2021

Telisik Fitur Modern Motor Adventure!


Kemajuan teknologi semakin membuat beragam produsen motor berlomba dalam mengembangkan produk mereka. Beragam fitur-fitur canggih diselipkan ke beragam macam produk mereka dan biasanya motor-motor adventure dan cruiser memiliki banyak fitur canggih. Memang ada beberapa fitur yang tidak esensial, dan ada beberapa pula yang fungsinya tidak optimal tapi fitur-fitur ini memberikan nilai lebih pada produk tersebut.

Melalui artikel ini kami akan mencoba mengulas beragam fitur yang dimiliki oleh motor-motor adventure high end yang fungsinya esensial dan krusial bagi para penggunanya. Penasaran kan ? simak ulasannya ya.

Yang paling utama adalah navigasi. Kalau bicara konektivitas gawai, hal paling bermanfaat tentu adalah  navigasi. Tampilan di instrumen, meski hanya berupa pictogram, setidaknya membantu pengendara tak terpecah fokus. Tanpa harus menambah holder ponsel yang beresiko kehujanan atau kemalingan, Anda bisa tetap melihat arah.

Yang kedua, masih turunan dari konektivitas adalah notifikasi telepon. Atau lebih advance lagi bisa mengangkat sambungan sekaligus. Walau pasti butuh tambahan intercom. Hal ini, setidaknya membuat Anda lebih praktis tanpa perlu berhenti saat ada panggilan. Dengan catatan, jangan berlama-lama mengobrol sebab lagi-lagi bisa memecah konsentrasi di jalan.  Atau, tampilan notifikasi sms dan pesan singkat. Bukan maksud Anda jadi seenaknya bisa membaca sembari jalan. Tapi paling tidak, jika kabar itu penting pengendara langsung bisa menepi untuk melanjutkan percakapan. Praktis.

Kontrol traksi dahulu cuma diperuntukkan bagi motor kelas atas bermesin besar. Kini, motorskuter 150 cc pun mulai banyak yang mengaplikasikan. Memang, terdengar seperti sia-sia. Tapi percayalah, sangat berfungsi di situasi tertentu. Hal ini lantaran Anda tak pernah tau medan jalan dilalui begitu licin atau tidak. Ketika ada gejala selip, setidaknya motor akan dikurangi tenaganya. Dan Anda bisa tetap melaju aman. Walau torsi motor tak besar-besar amat, risiko ini tetap ada.

Tampilan indikator lengkap hari ini rasanya bukan soal sulit untuk disediakan. Tren motor kecil pun mulai transisi ke arah instrumen digital. Serta merta memiliki data komplet tentang kendaraan. Dan hal ini, sangat membantu pengendara tahu kondisi motornya.  Misal seperti sisa jarak tempuh dari bensin yang ada. Ini bisa membuat Anda mengira-ngira kapan waktunya mengisi bensin. Tanpa harus khawatir. Lantas penghitung konsumsi bahan bakar rata-rata maupun real time, juga tak kalah memberi dampak. Terutama terhadap gaya mengendara efisien.

Berikutnya tambahan-tambahan semacam pengingat service, ganti belt, voltmeter, hingga lainnya. Semua unsur ini bukan informasi murahan. Justru, termasuk esensial agar tak merepotkan di kala situasi genting. Anda bisa mengukur kondisi komponen di dalam motor.

Khususnya di motor bermesin kecil, masih saja ada yang abai soal pentingnya sensor ABS pada peranti pengereman. Padahal, risiko ban mengunci sama halnya dengan motor besar. Bisa membuat Anda hilang kendali atau bahkan titik terburuknya terjatuh. Peran ABS, sebaiknya menjadi acuan pertama ketika hendak mengisi berbagai teknologi modern. Lantaran risiko beroda dua jauh lebih besar daripada naik mobil. Setidaknya, bisa selangkah terlindungi daripada tidak sama sekali.

Terakhir, adalah soket charger yang kini seperti jadi kewajiban di tiap spesies. Sekelas skutik pun punya. Meski kadang peletakannya belum sempurna. Entah ada di dalam bagasi, atau tidak tertutup sama sekali. Paling tidak, fitur mampu mengakomodir kebutuhan tiap orang akan keterkaitannya dengan ponsel pintar.

 

comments

`