caption trialgame

Tenang Hadapi Jalan Rusak

Wednesday, 13 July 2022

Tenang Hadapi Jalan Rusak


Motor trail memang ditakdirkan untuk melewati beragam macam jenis lintasan, namun bagi pengguna motor trail harian, melewati jalan raya yang rusak tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Kondisi jalan yang rusak dapat berupa jalan berbatu, bergelombang, berlubang, dan penuh genangan.

Pada dasarnya tidak ada cara khusus yang harus dilakukan pada saat melewati kondisi jalan yang rusak. Meskipun begitu, penting bagi Anda untuk selalu waspada dan memiliki respon yang cepat saat akan melewati kondisi jalan yang rusak. 

Melewati jalan dengan kondisi rusak tentu sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi keselamatan Anda.  Hal ini karena kontur jalan yang tidak rata akan membuat aktivitas berkendara menjadi terganggu.  Untuk itu, ketika mengetahui jalan di depan rusak seperti berlubang, ada baiknya untuk mengendarai motor trail secara pelan-pelan sebelum sampai di titik jalan yang berlubang.  Selain itu, sebaiknya tidak menginjak rem terlalu kuat pada saat ban memasuki lubang. Hal ini karena ketika menginjak rem terlalu kuat, ban dan velg akan menerima benturan yang kuat dari pinggir lubang.

Oh iya penting untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain saat melintasi jalan dengan kondisi rusak.  Dengan begini, akan memberikan rasa aman pada saat mengemudi. Apabila jarak kendaraan terlalu dekat, dikhawatirkan akan terjadi benturan antarkendaraan ketika kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak dan pengemudi tidak sigap merespon kondisi tersebut. Selain itu, dengan menjaga jarak, Anda akan lebih mudah melihat kondisi jalan yang akan dilewati, sehingga bisa dengan cepat mengantisipiasinya.

Pada saat berkendara, apalagi jika menempuh jarak jauh, hall yang paling penting adalah untuk tetap waspada dan konsentrasi selama mengemudi. Kedua aspek tersebut merupakan faktor utama penunjang keselamatan. Dengan berkonsentrasi terhadap jalan yang akan dilewati, Anda lebih cepat mengantisipasi kondisi jalan yang rusak. Selain itu, apabila sudah hafal dengan jalur dan kondisi jalan yang akan dilewati, Anda tetap harus berkonsentrasi dalam menghindari kondisi jalan yang rusak, seperti saat berpindah jalur untuk menghindari kondisi jalan tersebut.

Saat kondisi jalan rusak yang akan dihadapi adalah lubang, Anda akan dihadapkan pada pilihan antara melewati atau menghindari lubang tersebut. Namun, jika diharuskan untuk melewati lubang tersebut, sebaiknya perhatikan kedalaman lubang dan bandingkan dengan ketinggian ground clearance motor yang Anda tunggangi. Jangan lupa juga untuk memerhatikan kendaraan di depan saat melewati lubang tersebut. Hal ini agar Anda bisa memperkirakan dampak yang akan diterima motor trail Anda.   Apabila dirasa lubang tersebut terlalu dalam, cobalah untuk mencari area terendah lubang tersebut, dan pastikan ban kendaraan masuk sepenuhnya ke dalam lubang.

Namun, jika Anda memilih untuk bermanuver dan menghindari lubang, jangan lupa untuk tidak melakukannya secara mendadak. Perhatikan kondisi lalu lintas, mulai dari kendaraan di belakang, sampai kendaraan yang sedang melaju dari arah yang berlawanan. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kecelakaan yang bisa terjadi saat Anda melakukan manuver secara mendadak.

Oh iya jika harus melewati lubang, pastikan telapak ban masuk secara merata ke dalam lubang. Ini berguna untuk menghindari ban yang masuk lubang terlalu ke pinggir, sehingga dinding ban akan tergesek pinggiran lubang. Ini cukup penting, karena sebagian jenis ban tidak mendesain dinding ban sekuat bagian telapaknya. Sehingga ketika ban bergesekkan dengan pinggir lubang, ban akan mudah rusak.  Nah demikian sedikit tips untuk melewati jalan rusak, semoga bermanfaat.

comments

`