caption trialgame

Tepat Mengambil Tikungan Ala Supermoto

Monday, 4 March 2019

     Segera setelah Anda terbiasa mengendarai supermotor, biasanya mengendarai jenis motor trailnya akan terasa lebih berat dan membosankan. Nah bagi Anda yang baru akan memulai mencoba mengendarai supermoto ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar pengelaman mengendarai menjadi lebih baik. Salah satunya adalah tips menikung supermoto. Apa saja tipsnya? Simak ya ulasannya ya.

     Pada awal mula supermoto diperkenalkan ada perdebatan sengit yang terjadi mengenai posisi kaki saat mengambil tikungan. Apakah kaki di arahkan keluar atau lutut diarahkan kebawah. Hal ini terjadi karena para pengendara yang biasa menunggangi motor trail selalu mengarahkan kaki ke bagian luar saat akan berbelok. Sementara bagi yang memiliki background road race, sebagian besar akan mengarahkan lutut ke bawah saat menikung.

     Namun seiring berjalannya waktu, ternyata posisi kaki keluar menjadi posisi yang paling sering digunakan. Dengan menggunakan posisi ini, pengendara dapat lebih mudah memindahkan bobot ke kiri dan kekananan. Tapi bukan berarti menggunakan posisi lutut ke bawah adalah salah. Posisi masih sering digunakan apalagi jika Anda ingin melahap tikungan yang memiliki karakter cepat. Namun jika tikungan dirasa memiliki karakteristik lebih lambat maka posisi kaki keluar lebih menguntungkan, apalagi jika menghadapi tikungan berliku.

     Oh iya jika Anda terbiasa mengendarai motor road race, maka mungkin mengetahui bahwa jika sedang melahap tikungan terasa suspensi serta ban Anda seperti memantul dan bergerak. Biasanya hal ini akan berujung pada jatuhnya motor.

     Bagi pengendara road race, mungkin akan sedikit kaget saat pertama kali mengendarai supermoto, karena motor jenis bisa memantul ke beragam arah. Tapi jangan khawatir, suspensi supermoto yang panjang biasanya mampu meredam guncangannya. Motor Anda mungkin akan tetap bergerak tapi tetap tidak akan kehilangan traksi. Biasanya para pengendara road race, akan mencoba menyeting supermoto sesuai dengan spesifikasi motor road race agar tidak terlalu banyak bergerak, namun resikonya tentu sekali kehilangan kendali, motor sudah pasti akan terhempas. Nah selamat mencoba ya.

comments

`