caption trialgame

Ternyata Ini Manfaat Latihan MX bagi Rider MotoGP!

Tuesday, 26 January 2021

Ternyata Ini Manfaat Latihan MX bagi Rider MotoGP!


Sering kita membaca bahwa banyak pebalap MotoGP yang melakukan latihan menggunakan motor trail saat jeda musim balap. Jika ditelisik lebih jauh latihan dengan menggunakan motor trail di lintasan motocross tentu amat berbahaya. Salah satu pebalap MotoGp legendaris, Valentino Rossi, terhitung sering melakukan hal ini. "Saya selalu mengendarai motocross, juga setelah 2010, karena saya suka. Saya sangat menikmatinya dan saya pikir ini adalah latihan yang paling bagus untuk fisik dan mental," ujar Rossi, dikutip dari Motomatters.com.

Menurut Rossi, latihan di lintasan berpasir atau berlumpur memiliki banyak keuntungan. Selain meningkatkan stamina, bisa juga untuk meningkatkan feeling, baik saat pengereman atau buka-tutup gas. "Bagi saya ini sangat penting untuk latihan mengontrol bagian depan motor. Ini adalah latihan yang bagus juga untuk kebugaran dan sepertinya ini juga tidak terlalu berbahaya, seperti motocross dan lainnya," kata Rossi. Rossi tidak sendiri karena beberapa pebalap MotoGp lainnya yaitu Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Jack Miller, dan lainnya, kerap melakukan latihan di atas motor trail. Para pebalap tersebut mengakui bahwa berlatih di lintasan motocross itu berbahaya dan penuh resiko. Namun, para pebalap itu juga mengakui ada banyak manfaat yang bisa diterapkan di lintasan aspal dari latihan tersebut.

Nah lantas manfaat apa saja sih latihan di atas motor trali bagi para pebalap MotoGp? Yang pertama alah meningkatkan kekuatan tubuh.  Lintasan motocross memiliki rintangan dan tantangan tersendiri. Tak mudah juga untuk menjinakkan motor dan lintasannya. Para pebalap harus mampu bermanuver, lompat tinggi, dan memacu motor trail yang tinggi tersebut. Tiap bagian tubuh benar-benar dimaksimalkan, mulai dari bahu, otot lengan, paha depan, paha belakang, dan otot-otot kaki. Berbeda dengan balapan di lintasan aspal yang tidak terlalu menuntut fisik sekeras motocross. Untuk meningkatkan fisik, latihan di gym memang bisa dilakukan. Tapi, latihan dengan menggunakan motor motocross bukan hanya akan melatih fisik saja.

Pebalap Manfaat lain yang diberikan dengan latihan motocross adalah meningkatkan keseimbangan pebalap. Melaju di lintasan tanah, pasir, atau berlumpur, tentu lebih licin daripada lintasan aspal. Sehingga, pebalap akan terlatih fokusnya untuk membuat motor tidak terjatuh. Manfaat tersebut dapat dirasakan para pebalap MotoGP saat mengerem, menikung, atau balapan di lintasan yang basah karena hujan.

Balapan di MotoGP bisa berlangsung hingga 40 menit lebih. Dalam durasi tersebut, pebalap dituntut untuk tetap fokus dan kuat menahan beban saat pengereman atau akselerasi. Untuk itu, berlatih di lintasan motocross adalah cara yang bagus untuk menjaga daya tahan pebalap.  Dalam balapan, tidak hanya kecepatan motor saja yang menjadi penentu kemenangan. Tapi, kemampuan pebalap dalam mengatur strategi juga dibutuhkan. Manfaat tersebut juga bisa didapatkan dari latihan motocross, di mana pebalap harus bisa memilih jalur mana yang terbaik, mengatur buka-tutup gas, dan lainnya.

Gaya berkendara yang tepat akan mampu mengeluarkan potensi maksimal dari motor yang digunakan. Motocross dinilai sebagai latihan yang dapat memberikan postur tubuh yang baik. Kondisi lintasan off road, di mana pebalap dituntut untuk menyesuaikan posisi duduk, posisi saat berdiri di atas motor, hingga posisi badan ketika berbelok, penting untuk melatih fleksibilitas atau ketangkasan tubuh.

comments

`