caption trialgame

Ternyata ini Waktu Ideal Kuras Radiator

Tuesday, 7 July 2020

Ternyata ini Waktu Ideal Kuras Radiator


Radiator punya peranan penting pada motor trail yang menggunakan  sistem pendingin cairan. Biar performanya selalu baik dan terjaga, maka dianjurkan untuk rutin mengurasnya.  Sebab, cairan pendingin yang ada pada radiator sesuai usia pemakaian kualitasnya bisa menurun dan terjadi pengurangan volume. Kalau sudah begitu, sewaktu-waktu di perjalanan mesin bisa mengalami overheat. 

Nah tapi, tahukah Anda ternyata radiator sebaiknya wajib dikuras dua kali dalam satu tahun lho.  Menguras radiator dimaksudkan untuk membersihkan dari endapan cairan pendingin, endapan itu yang bikin overheat, karena menyebakan sirkulasi cairan di dalam radiator menjadi tidak lancar.

Terlebih lagi jika motor trail Anda hanya digunakan sesekali atau saat akhir pekan saja. ini lebih memudahkan cairan  pendingin atau biasa disebut coolant mengendap, karena tidak adanya sirkulasi seperti motor yang setiap hari digunakan sebagai tungganga rutinitas. 

Bukan itu saja, coolant yang tidak pernah diganti kualitasnya bisa jadi lebih kental. Apabila diabaikan, endapan tadi bisa menjadi kerak yang menempel pada permukaan dinding bagian dalam saluran pendinginan.  Kalau sudah begitu, pelat besi pada radiator lama kelamaan bisa terkikis dan mengakibatkan kebocoran, sehingga fungsinya tidak maksimal untuk mendinginkan mesin.  Untuk menghindari hal tersebut, kami sarankan untuk  menggunakan motor secacar rutin atau memanaskannya secara berkala agar  sirkulasi cairan pendingin tetap lancar. 

Nah bukan berati yang rutin menggunakan motor trail setiap hari aman dari masalah. Jangan lupa untuk memperhatikan  volume cairan pada tangki reservoir. Usahakan berada di level maksimum, namun bila masih di antara level minimum dan maksimum tidak jadi masalah.

Dan yang terpenting adalah jangan mencampur merk coolant satu dengan yang lain ya. Hindari mengganti cairan coolan dengan beragam merk karena kandungan yang satu sudah pasti berbeda dengan yang lain. Namun yang paling utama, jangan mencampur dengan air biasa ya.

 

comments

`