caption trialgame

Test Ride KTM 390 Adventure

Thursday, 10 September 2020

Test Ride KTM 390 Adventure


Belum lama ini KTM meluncurkan motor petulangan kelas menengah mereka yaitu KTM 390 Adventure untuk pasar Indonesia. Mereka menyasar para penggila enduro yang gemar melakukan touring jarak jauh sebagai target marketnya.

Kesan pertama dari motor yang konon terinsipirasi dari KTM 450 Rally Dakar ini adalah, posisi jok yang terasa mantab. Handlebar terasa pas dengan bentuk tubuh dan kaki tidak terlalu menekuk saat mendudukinya. Oh iya tinggi jok motor ini sekitar 85mm dan jika tubuh Anda dibawah 170, sudah pasti bakal sedikit jinjit ya.

Menulusuri jalan beraspal, motor ini memiliki toris yang mengalir mulus dari bawah dengan lancar.
Motor ini memiliki spesifikasi mesin 373,2cc, 4-tak, satu silinder serta diameter x langkah yaitu 89mm x 60mm mampu menghasilkan 43 tk pada 9.000 rpm dan torsi 37 nm pada 7.000 rpm. Dengan spesifikasi seperti ini tidak heran kalo tarikan gasnya cukup bertenaga namun tidak liar dan sulit dikendalikan.

Salah satu fitur yang ada di motor ini dan bisa digunkan di atas jalanan aspal adalah quick shifter. Memang di buku manual tidak ada angka spesifik mengenai t dari rpm berapa fitur ini dapat bekerja. Namun hasilnya bisa terlihat saat mengaplikasikan pada putaran mesin dari 2.000 rpm sampai 5.000 rpm. Hasilnya yang dirasakan pindah gigi di rpm 2.000 rpm terasa seperti sistem sedang membaca. Tapi semuanya lancar ketika putaran mesinnya sudah lebih tinggi. Turun gigi juga terasa nyaman. Motor ini sudah dibekali slipper clutch yang membuat efek engine brake lebih halus, plus menimalisir roda belakang terkunci ketika kecepatannya dikurangi.

Oh iya motor ini juga dilengkapi dengan fitur ABS yang bisa dimatikan lho. Fitur ini sebetulnya bisa digunakan untuk semua kondisi jalan, baik aspal, pasir atau tanah. Selain itu membantu buat jalan dengan banyak tikungan karena memberikan pengereman yang lebih terprediksi.

Tapi kami sarakan untuk mematikan fitur ini saat akan melahap medan offroad agar lebih mudah menguasai motor di jalan tanah. Dengan bobot 158 kg motor terasa nyaman melibas rintangan yang ada. Paduan ban depan belakang 19 inci dan 17 inci, serta suspensi WP Apex upside down di depan diameter 43mm dan belakang dengan jarak main 17,7cm jadi andalan melibas jalan bergelombang. Oh iya kedua suspensi depan belakang ini bisa diatur kekerasannya sesuai keinginan dan kebutuhan Anda saat melahap medan offroad.

Fitur-fitur pada motor ini bisa diatur dengan tombol yang ada di kiri setang. Fiturnya cukup beragam dan mudah digunakan. Semuanya tertera di klaster instrumen yang menggunakan layar besar. Menariknya, kecerahan layarnya bisa diubah jadi mode gelap buat berkendara di malam hari. Tampilannya jadi negative display agar tidak silau saat dilihat dalam gelap. Nah buat Anda yang penasaran dengan motor adventure dan ingin memilikinya, siapkan dana sekitar 119 juta untuk mendapatkan motor ini.

comments

`