caption trialgame

Tetap Fit Trabasan di Cuaca Panas

Tuesday, 17 November 2020

Tetap Fit Trabasan di Cuaca Panas


Kendati hujan mulai turun di beberapa wilayah, namun Anda pasti merasa bahwa akhir-akhir ini cuaca di Indonesia terbilang panas dengan hawa yang cukup gerah. Hal ini pasti terbilang cukup mengganggu aktivitas Anda terutama saat sedang trabasan dengan menggunakan motor trail.

Suhu yang panas membuat tidak berkonsentrasi hingga akhirnya performa tidak optimal. Menurut  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menjelaskan bahwa udara yang terasa panas dan gerah adalah fenomena biasa di musim kemarau. Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Drs Herizal MSi, seperti di kutip kompas.com mengatakan suasa gerah secara meteorologis disebabkan oleh suhu udara yang panas disertai dengan kelembapan udara yang tinggi.

Menurut dia, kelembapan udara yang tinggi menyatakan jumlah uap air yang terkandung pada udara. Semakin banyak uap air yang dikandung dalam udara, maka akan semakin lembap udara tersebut. Apabila suhu meningkat akibat pemanasan matahari langsung karena berkurangnya tutupan awan, suasana akan lebih terasa gerah. 

Selain itu, udara yang panas dan gerah juga lebih terasa bila hari menjelang hujan. Sebab, udara lembap melepas panas laten dan panas sensibel yang menambah panasnya udara akibat pemanasan permukaan oleh radiasi matahari. Wilayah perkotaan terutama di kota besar umumnya memiliki suhu udara yang lebih panas dibandingkan bukan wilayah perkotaan. Sementara itu, catatan kelembapan udara menunjukkan sebagian besar wilayah Indonesia berada pada kisaran lebih dari 80 persen - 100 persen, yang termasuk berkelembapan tinggi.

Nah jika Anda sering beraktivitas dalam kondisi seperti sekarang ini, pastikan Anda tetap menjada kesehatan dan stamina agar badan tidak mengalami dehidrasi. Banyak mengkonsumsi cairan serta buah segar amat sangat membantu menjaga kondisi tubuh.

Oh iya, jangan lupa untuk menjaga kondisi kulit ya, karena cuaca seperti ini rentan membuat iritasi terhadap kulit. Jika tidak memakai lengan panjang saat beraktivitas, gunakan tabir surya agar kulit Anda tidak terbakar terkena cahaya matahari yang menyengat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

comments

`